Mata Kuliah yang Dipelajari Jurusan Sistem Informasi

0
118
jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Jurusan kuliah penting dipertimbangkan dengan baik karena berhubungan dengan masa depan Anda. Jika berhasil memilih jurusan kuliah sesuai passion dan memiliki prospek kerja yang baik maka peluang kesuksesan akan lebih tinggi. Salah satu jurusan yang saat ini banyak diminati adalah sistem informasi. Jurusan yang masuk rumpun ilmu komputer ini memiliki peluang kerja menjanjikan, apalagi di zaman digital seperti sekarang ini. Apakah Anda juga berminat masuk di jurusan sistem informasi? Jika iya, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja mata kuliah yang dipelajari berikut ini:

Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika merupakan mata kuliah wajib bagi semua jurusan, terutama jurusan yang berkaitan dengan teknik. Jadi Anda yang pandai menghitung angka-angka matematika sangat cocok masuk di jurusan ini. Tidak hanya matematika saja, statistika juga dibahas secara mendalam pada jurusan sistem informasi. Namun biasanya statistika akan diajarkan apabila Anda telah lulus mata kuliah matematika sebagai dasar.

jurusan sistem informasi
jurusan sistem informasi

Pemrograman

Ketika masuk rumpun ilmu komputer, maka Anda pasti akan bertemu dengan mata kuliah pemrograman. Agar bisa pemrograman, Anda harus memiliki kemampuan dasar seperti matematika, algoritma, bahasa pemrograman, dan lain sebagainya. Jadi disini Anda juga membutuhkan logika yang kuat serta pemecahannya sebagai solusi. Pelajari terlebih dahulu bahasa pemrograman, asah logika dan kreativitas, serta miliki kemampuan berhitung yang baik untuk persiapan.

Sistem dan Data

Data merupakan hal yang sangat akrab dengan mahasiswa sistem informasi. Selain data, sistem juga menjadi hal lain yang juga akan sering Anda temui. Pasalnya kedua hal tersebut saling berkaitan dimana sebuah sistem bisa berjalan jika ada data, proses, dan output. Anda akan diminta mengolah sejumlah data kemudian memprosesnya sehingga menghasilkan sejumlah output yang berguna.

Analisis

Saat ada masalah atau kasus dalam komputer, Anda tentu saja harus melakukan analisis kemudian mencari sebabnya sekaligus solusinya. Sebelum menjadi mahasiswa sistem informasi, Anda harus siap untuk bisa melakukan analisis dengan baik. Nanti Anda akan dituntut untuk membangun sistem dari awal tahap perancangan hingga implementasi dan pengujian. Dalam melakukan hal tersebut, kemampuan analisis yang baik menjadi satu modal utamanya.

Ekonomi

Di jurusan ilmu komputer harus mempelajari ekonomi? Hal tersebut mungkin menjadi pertanyaan Anda saat ini. Ya, sistem informasi merupakan jurusan yang berkaitan dengan bisnis jadi Anda juga harus mempelajari manajemen serta akuntansi. Mungkin Anda yang memiliki basic sains sedikit kaget dengan hal ini namun tetap harus mulai dibiasakan. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memahami berbagai peraturan maupun undang-undang yang berhubungan dengan sistem informasi.

Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan mata kuliah penting yang akan membantu masa depan Anda. Pasalnya, lulusan sistem informasi memiliki prospek untuk menangani proyek dengan beberapa bawahan. Jadi kemampuan kepemimpinan yang baik penting agar proyek bisa berhasil. Selain itu, Anda juga perlu memiliki kemampuan presentasi yang baik.

Itulah mata kuliah wajib yang dipelajari di jurusan sistem informasi. Pada dasarnya, jurusan ini membutuhkan kemampuan berhitung yang baik. Apabila sudah siap dengan segala mata kuliah yang mungkin ditempuh, kini saatnya Anda memilih perguruan tinggi yang menyediakan jurusan SI atau sistem informasi terbaik. Tidak perlu bingung, IDS Digital College bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin kuliah sistem informasi.

Beberapa kelebihan dari IDS Digital College diantaranya yaitu memiliki kurikulum bertaraf internasional, memiliki pengajar berpengalaman, dan menerapkan real world assignment atau tugas dengan pendekatan riil. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, IDS Digital College mampu membawa lulusannya untuk siap bertarung di dunia profesional.