Dibalik Nama Magis Abjad Nama Sancang

0
235

Objek Wisata Leuweung Sancang termasuk ke kawasan Konservasi, terletak di kecamatan Cibalong kurang lebih 118 Km dari kota Garut. Cagar alam Leuweung Sancang merupakan kawasan hujan tropika rendah yang mempunyai multifungsi, dan dilindungi oleh undang-undang. Salah satu objek Wisata di Garut ini memiliki luas mencapai 2. 157 Ha.

Objek Wisata ini dapat di capai dari dua tempat, yaitu Pameungpeuk dan Pantai Cijeruk Indah. Untuk mencapai kesana, dari Pameungpeuk pananjung dapat menggunakan bus ke jurusan perkebunan karet Mira – Mare yang rutenya melalui pinggir kawasan dengan tarif Rp._+15.000/Orng, atau angkot dengan tarif Rp. 10.000/ Orang. Apabila menggunakan ojeg, tarifnya _+Rp. 20.000 dari Pameungpeuk dan _+ Rp. 10.000.- dari Pantai Cijeruk Indah.

Hutan Sancang adalah hutan yang dilegendakan sebagai tempat tilem (tempat hilangnya) Prabu Siliwangi. Di hutan ini juga terdapat pohon Kaboa (mirip dengan pohon bakau/Mangrove) yang menurut kepercayaan setempat merupakan penjelmaan para prajurit Pajajaran yang setia kepada Prabu Siliwangi. Oleh karena itu hutan ini dipercaya sebagai hutan keramat yang memiliki daya magis bagi kalangan masyarakat lokal. Nama Sancang yang tersusun dari huruf-huruf SANCANG dipercaya memiliki arti khusus, yaitu :
– S mempunyai arti : Sasakala asal usul carita sesepuh urang-urang sadaya, yang berarti Hutan Sancang merupakan tempat asal usul nenek moyang kita semua.
– A rnempuilyai arti: Anu luhur tur ngahiang, yang berarti daerah Sancang adalah daerah keramat dan sejak zaman dahulu sudah dikenal.
– N mempunyai arti: Nyata sarta talapakuran tah ku aranjeun manusa, yang berarti Hutan Sancang adalah nyata dan pertu untuk dikaji oleh setiap manusia.
– C mempunyai arti: Cacandran carita sesepuh urang sadaya, yang berarti Sancang adalah asal usul cerita tentang nenek moyang kita semua.
– A yang kedua mempunyai arti : Aya nya carita Pasundan / Padjajaran, yang berarti asal-mula dari kerajaan Pasundan dan Padjajaran.
– N mempunyai arti: Negri Padjajaran tilas Siliwangi, yang berarti Hutan Sancang merupakan salah satu wilayah negeri Padjajaran peninggalan Siliwangi.
– G mempunyai arti: Goib di Sancang Pameungpeuk Garut, yang berarti Hutan Sancang mempunyai cerita gaib dan setiap manusia harus mempercayai hal gaib seperti Tuhan YME yang sifatnya gaib.

Seperti pada kawasan konservasi umumnya, tidak ada sarana pariwisata di hutan ini, baik yang berupa fasilitas akomodasi ataupun rumah makan, tetapi apabila pengunjung ingin bermalam dapat menggunakan fasilitas akomodasi terdekat yang terletak di Kecamatan Pameungpeuk. Untuk fasilitas rumah makan juga terdapat di Kecamatan Pameungpeuk. Adapun jarak yang akan ditempuh sekitar 13 km dari pusat pemerintahan kecamatan.

Selain Kawasan Konservasi Leweung Sancang, Garut juga memiliki beberapa objek wisata lain seperti Gunung Papandayan, Makam Keramat Godog, Pantaqi Santolo, dan Situ Bagendit. Serta memiliki akomodasi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang ingin melakukan wisata ke Garut salah satunya adalah Hotel Murah di Garut.

Namun Apabila anda ingin membeli oleh-oleh untuk di bawa ke rumah, di daerah ini juga disediakan tempat Pusat jajanan dan oleh-oleh khas Garut, sebagai bekal oleh – oleh untuk bekal anda di rumah. Selain tempat oleh-olehnya, anda juga dapat melihat dan membeli beberapa kerajinan khas Garut, seperti Jaket Kulit Sukaregang yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Tinggalkan Balasan