Penyebab Utama Anda Harus Hemat Uang

0
483
hemat uang
hemat uang

Hemat uang menjadi kegiatan yang harus dilakukan keluarga untuk mengatur keuangan agar tetap stabil. Perkembangan zaman yang semakin maju membuat perekonomian Indonesia juga mengalami perkembangan. Sebagai Negara berkembang, keadaan ekonomi Indonesia tidak stabil sehingga seringkali terkena goncangan jika keadaan ekonomi dunia sedang berubah. Hal ini membuat pemerintah Indonesia melakukan berbagai cara agar perekonomian Indonesia tidak defisit. Salah satu cara menjaga perekonomian yang dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan pengurangan anggaran untuk subsidi bahan bakar minyak sehingga harga minyak yang banyak digunakan masyarakat menjadi naik.

 

Dampak kenaikan harga bahan bakar ini tidak sedikit. Harga berbagai kebutuhan menjadi naik. Baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya. Kejadian ini tidak diimbangi dengan standar gaji yang diberikan kepada masyarakat. Banyak jenis pekerjaan yang ada tidak mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Misalnya salah satu perusahaan swasta hanya menaikkan gaji karyawannya tidak lebih dari Rp. 100.000,- pertahun. Hal ini membuat masyarakat Indonesia harus mengatur manajemen uang dalam keluarganya dengan baik.

 

Dampak kenaikan bahan bakar minyak yang membuat berbagai harga kebutuhan menjadi naik mengakibatkan banyak masyarakat harus berusaha keras agar tetap biasa memenuhi kebutuhannnya. Salah satunya adalah dengan menekan biaya pengeluaran untuk hemat uang. Cara ini dapat diwujudkan jika setiap masyarakat menyadari kebutuhan yang dibelanjakan harus sesuai dengan pendapatan yang didapatkan.