Inilah Fungsi dari Struktur Data Dalam Pemrograman di Jurusan Teknik Informatika

0
193
jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Pengertian dari struktur data adalah sebagai cara penyusunan, penyimpanan dan pengaturan data yang ada di dalam penyimpanan komputer. Sedangkan data sendiri memiliki arti yaitu sebuah personifikasi yang diambil dari fakta lalu dimasukan menjadi bentuk. Untuk bentuknya sendiri pun cukup beragam ada yang berupa simbol, huruf, angka, tulisan, bunyi maupun sinyal. Pengertian struktur data ini akan bisa Anda dapatkan di jurusan teknik informatika IDS Digital College.

Setelah Anda mulai paham tentang pengertian dari struktur data maka selanjutnya mari bahas tentang fungsi dari struktur data yang ada dalam pemrograman di komputer.

jurusan teknik informatika
                                                   jurusan teknik informatika

1. Memudahkan Penggunaan Konsep Algoritma

Sebuah konsep algoritma bisa dikatakan berhasil diterapkan pada bahasa pemrograman apabila memiliki struktur data yang baik juga. Jadi antara konsep algoritma dan struktur data harus sama-sama baik agar bisa berjalan dengan sesuai yang diharapkan. Begitu juga sebaliknya, apabila struktur data tidak baik maka konsep algoritma yang diterapkan pada bahasa pemrograman juga tidak akan berjalan dengan baik.

Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk bisa paham tentang konsep algoritma yang baik agar memudahkan progam untuk berjalan. Hanya saja diperlukan metode untuk bisa memahami semua itu, metode yang dimaksud adalah struktur data.

2. Mempermudah Dalam Mengatur Data

Telah dibahas sebelumnya bahwa fungsi dari struktur data dapat memudahkan para programmer dalam melakukan pembuatan program. Salah satu bagian yang bisa mempermudah itu semua terletak dalam pengaturan data-data yang masuk.

Contoh analogi sederhana yaitu apabila Anda menyimpan satu buku di rak dan ingin menyusun buku lainnya bisa dengan mengurutkan buku tersebut berdasarkan kategori. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam mengatur buku agar terlihat rapih.

Dari analogi tersebut, Anda seharusnya sudah mulai paham bahwa struktur data memiliki fungsi sebagai tempat data-data yang masuk agar terlihat rapi dan sangat teroganisir. Contoh lainnya yang bisa Anda lihat adalah pada saat penggunaan perkalian table, matriks hingga visualisasi matriks. Jika hal tersebut bisa diterapkan dengan baik maka tentunya akan mempermudah para programmer maupun usernya itu sendiri.

3. Kemudahan Pada Proses Pemrograman

Struktur data juga dapat memberikan kemudahan dalam merancang dan membuat sebuah program. Struktur data dianggap sangat penting karena para programmer akan merasa terbantu dalam memberikan perintah pada komputer.

Bila kita tidak paham tentang bentuk perintah yang diberikan pada komputer maka programmer lulusan jurusan teknik informatika sekalipun akan kesulitan dalam membuat perintah dalam bentuk bahasa pemrograman.

4. Cepat Dalam Menemukan Masalah yang Terjadi Ketika Coding

Kelebihan dari adanya struktur data adalah dapat cepat terdeteksi apabila terjadi masalah pada saat dilakukan coding. Sangat memungkinkan untuk terjadinya error ketika akan dilakukan uji coba. Sebagai programmer akan bisa secara mudah untuk menemukan masalah dengan adanya struktur data. Struktur data dapat membantu menemukan lokasi mana yang terjadi error pada saat melakukan coding sehingga bisa diperbaiki dengan cepat.

Kesimpulannya adalah adanya struktur data sangat penting dalam dunia pemrograman. Tanpa adanya struktur data maka akan sangat sulit untuk membuat suatu program. Di IDS Digital College, Anda akan mendapatkan materi ini dan dituntut untuk bisa paham tentang fungsi bahasa pemrograman.