Cara Menghitung Usia Kehamilan Berdasarkan Gerakan Janin

0
105
Menghitung Usia Kehamilan

Usia kehamilan memang menjadi faktor penting untuk bisa menentukan tanggal persalinan, tapi menentukan usia kandungan sangatlah penting, karena untuk mengetahui perkembangan janin dalam rahim. Di usia-usia kehamilan tersebut perlu diperhatikan sehingga Anda juga bisa mengatur pola kesehatan Bunda dan Bayi dalam kandungan.

Dengan metode berdasarkan gerakan janin, maka Anda bisa mengetahui usia kandungan secara tradisional melalui gerakan pada janin tersebut. Menghitung usia kandungan yaitu dapat dirasakan pertama kalinya oleh ibu hamil.  Biasanya usia kehamilan tersebut 19-21 minggu pada seorang wanita Nulipara atau baru pertama hamil, sedangkan pada usia kehamilan 17-19 minggu terjadi pada wanita Multipara atau hamil kedua sampai seterusnya.

Cara menghitung usia kehamilan tersebut tidak jauh berbeda dengan menghitung usia kandungan pada umumnya, cara tersebut juga dirasa lebih akurat karena berhubungan dengan sifat alamiah janin yang di kandungnya. Gerakan tersebut menunjukan bahwa janin yang berada dalam kandungan tersebut telah mengalami perkembangan dan sudah mulai aktif meskipun organ tubuh belum sempurna secara menyeluruh. Saat ini banyak cara yang bias dilakukan untuk menentukan usia kandungan Anda, cara tradisional maupun dengan metode teknologi USG bisa Anda lakukan.

Meskipun secara tradisional yang mengandalkan gerakan pada bayi dalam rahim, tidak sedikit juga orang jaman dulu untuk menentukan usia kehamilannya tidak menggunakan teknologi seperti saat ini, merekaa menggunakan insting ataupun gerakan pada bayi, rabaan, dan sebagainya. meskipun demikian, mereka tetap sehat dan usia kehamilan setiap bulan bisa terhitung serta waktu persalinan pun bisa di prediksi dengan tepat.

Menghitung usia kendungan melalui gerakan pada janin memang bisa dirasakan secara alamiah, bayi yang bergerak serta menendang perut ibunya menandakan bahwa bayi tersebut aktif dan memasuki perhitungan minggu ataupun bulan. Cara menghitung usia kehamilan banyak metodenya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode gerakan pada janin, apapun cara menghitung usia janin dalam kandungan Anda juga dipastikan harus memeriksakan secara lebih akurat pada dokter kandungan.

Tinggalkan Balasan