Teknik Bermain Bola Basket Passing, Simbol Kerjasama Tim

0
1274
Teknik Bermain Bola Basket Passing, Simbol Kerjasama Tim

Teknik bermain bola basket yang dapat diterapkan adalah passing, teknik ini menjadi simbol kerjasama tim. Teknik dengan memakai operan menjadi satu diantara lain namanya. Dalam teknik bola basket ini dapat dengan memakai dua tangan atau satu tangan pun bisa asal dalam kriteria operan yang tepat. Operan yang dikerjakan dengan cara taktis, pas serta akurat yang bisa membuat kesempatan untuk memberikan angka. Tahu kapan serta di mana mesti mengoper, bukan sekedar memberi peluang untuk membuat skor, namun juga menghindar kehilangan bola dari intersep dari lawan yang kerapkali mempermudah lawan untuk cetak angka.

Berhubung permainan basket adalah permainan yang sangat membutuhkan kerjasama tim, Anda tentu tidak bisa terus-terusan yang menjadi pemegang bolanya. Selalu ada saat di mana Anda terhadang lawan dan harus melemparkan bola ke kawan Anda yang berada di posisi lebih aman. Kunci supaya tim bisa punya kesempatan mencetak skor adalah dengan melakukan teknik dasar bola basket yang disebut passing.

Passing adalah teknik dasar bermain basket yang artinya mengoper atau mengumpan bola kepada kawan setim Anda. Peran teknik ini sangatlah penting, terutama ketika lawan tiba-tiba ada di depan Anda. Beginilah cara melakukannya dengan benar:

1. Pegang bola dengan benar, letakkan tangan dan jari meregang dan menempel di bola.
2. Letakkan kedua telapak tangan Anda di masing-masing sisi bola.
3. Sambil memegang bola, tekuk siku sehingga mengarah ke samping, dan buat posisi di mana bola di depan dada.

Teknik bermain bola basket passing ada beberapa macam. Inilah yang harus Anda ketahui:

• Chest pass

Operan dasar di mana Anda melemparkan bola dari posisi tangan berada di depan dada memegang bola, posisi kaki sejajar dalam kuda-kuda, lalu luruskan kedua tangan sambil melemparkan bola, dengan badan condong ke depan.

• Bounce pass

Ketika lawan berada persis di antara Anda dan kawan, maka Anda bisa menggunakan satu atau dua tangan memantulkan bola ke lantai menuju kawan Anda.

• Baseball pass

Dipakai kalau Anda sedang berlari. Anda mengoper dengan satu tangan saja, dengan posisi satu kaki ada di depan. Pindahkan berat badan ke belakang bola, lalu dengan satu ayunan kuat dan lengan lurus, oper bola ke teman.

• Over head pass

Pada dasarnya Anda melemparkan bola ke teman setim Anda melewati kepala lawan yang ada di depan Anda persis.

Teknik dasar bola basket ini akan mencegah lawan berhasil mencuri bola dari Anda, dan memastikan bahwa bola tetap dikuasai oleh tim Anda. Kuasai ini dengan baik, karena setiap kali memegang bola, Anda pasti menjadi sasaran dan harus melakukannya sangat sering. Jangan menjadi egois dan terus memegang bola, bahkan ketika lawan sangat dekat dengan Anda.

Teknik dasar bola basket dengan cara passing, bisa melihat atau menonton hasil video ini selengkapnya:

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=SbOsxamKyzY]