Pentingnya Mengenal Virus Parvo Pada Anjing

0
38

parvo pada anjing

Virus merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit dan gangguan kesehatan pada hewan kesayangan Anda, salah satunya anjing. Sebut saja salah satunya yaitu virus canine parvovirus atau parvo pada anjing yang tergolong berbahaya.

Setiap pemilik atau yang memelihara anjing wajib tahu tentang virus ini secara detail karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan serius. Adapun gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh virus ini di antaranya seperti:

  • Demam
  • Diare (berpotensi berdarah)
  • Dehidrasi
  • Penurunan berat badan yang ekstrim
  • Demam
  • Kelesuan

Kondisi tersebut merupakan kondisi yang serius pada anjing. Di sisi lain, penyakit yang diakibatkan oleh virus ini sulit diobati. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mencegahnya agar hewan peliharaan kesayangan Anda tidak terpapar.

parvo pada anjing
parvo pada anjing

Mengenal Jenis Virus Parvo

Virus parvo termasuk ke dalam virus yang berbahaya dan juga sangat menyebar. Karakter virus ini bahkan bisa bertahan hidup di dalam lingkungan rumah. Inilah yang juga menjadi alasan kenapa fasilitas pengembangbiakan anjing mudah terpapar oleh virus yang satu ini.

Artinya, virus ini bisa menginfeksi hewan kesayangan Anda kapan saja dan tanpa diduga-duga. Maka dari itu, Anda harus mewaspadainya agar hewan kesayangan tidak sampai terpapar virus ini.

Selain itu, kemungkinan terpapar pun sangat banyak. Contohnya seperti di pet shop, di luar rumah, dan berbagai fasilitas lain yang sering didatangi oleh banyak anjing.

Cara Mencegah Virus Parvo

Jika penyakit yang diakibatkan oleh virus ini sulit untuk diobati, lalu bagaimana cara mengatasinya? Satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memvaksin hewan peliharaan tersebut.

Vaksin sejak dini akan membantu anjing Anda untuk tidak terpapar oleh virus ini. Dengan begitu, Anjing tidak akan merasakan gejala-gejala yang diakibatkan oleh infeksi dari virus parvo yang menyerangnya.

Di fasilitas pengembangbiakan anjing, bahkan vaksin sejak dini dan lebih awal sangat direkomendasikan. Tujuannya agar anjing tidak terpapar virus tersebut dan menyebarkannya ke anjing yang lain.

Cara mencegah parvo pada anjing yang kami paparkan di atas sedikit banyaknya bisa membantu hewan peliharaan Anda untuk tetap sehat. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan bernutrisi berkualitas seperti Royal Canin.