Kenali Fase Gerakan Tutup Mulut Bayi

0
22

Sering kali ketika sudah memasuki usia 6 bulan bunda akan memberikan makanan tambahan kepada si kecil di luar susu. Hal itu akan sangat berpengaruh sekali terhadap proses tumbuh kembangnya sehingga sangat berdampak pada kesehatan tubuhnya. Akan tetapi terkadang anak akan melakukan gerakan tutup mulut bayi yang membuat bunda merasa khawatir. Bunda perlu sekali untuk mengenali apa penyebab dari anak sudah melakukan gerakan tersebut untuk bisa dibantu cara mengatasinya dengan tepat serta mengembalikan nafsu makan anak dengan mudah dan cepat.

 

Gerakan Atau Tanda Si Kecil Tidak Mau Makan

Biasanya pada usia 6 bulan yang sudah mulai banyak melakukan aktivitas bergerak yang lincah akan akan cenderung membutuhkan banyak nutrisi dan stamina sehingga bisa diperolehnya dari makanan yang dikonsumsinya. Akan tetapi anak juga bisa melakukan gerakan tutup mulut bayi yang bisa membuat bunda cemas dan tidak tenang.

 

Hal tersebut menjadi tanda bahwa anak tidak mau makan dengan makanan yang diberikan oleh bunda, hal itu bisa menjadi pemicu si kecil tidak mau makan. Atau ada hal yang lebih menarik pada perhatiannya sehingga terlalu fokus kepada mainan yang menariknya. Bisa juga tanda bahwa anak sudah merasa kenyang pada perutnya sehingga tidak mau menambah makanan lagi. 

 

 

Tips Yang Dapat Dilakukan Bunda Di Rumah

Maka dari itu bunda bisa melakukan beberapa tips mudah yang dapat dilakukan di rumah ketika anak sudah melakukan gerakan tutup mulut bayi untuk segera mengatasi masalah yang terjadi. Berikut adalah cara mudah yang dapat dilakukan.

  1. Bunda bisa mengatur jadwal untuk sikecil secara tepat waktu antara makan utama dengan makan snack atua bubur bayi cerelac. Sehingga bisa mengantisipasi terjadinya perut kenyang ketika makan karena telah diatur jadwalnya.
  2. Bunda bisa mencoba dengan membuat anak merasa nyaman ketika makan seperti makan bersama keluarga dan juga biarkan anak mulai makan sendiri hal itu bisa membantu anak menjadi lebih mandiri.
  3. Bunda juga perlu untuk membuat anak merasa tidak bosan dengan menu makannya dan ciptakan banyak variasi makanan yang disukainya.