Carido HIIT, Cara Cepat Membakar Lemak

0
619
cara membakar lemak

Badan yang ideal dan proporsional tentu menjadi idaman hampir semua orang. Membakar lemak dan membentuk otot-otot tubuh adalah cara-cara yang paling ampuh membentuk tubuh idaman tersebut. Berbagai cara membakar lemak dapat dilakukan di setiap latihan dan olahraga yang dilakukan.

Latihan cardio adalah salah satu latihan yang banyak digemari. Jenis latihan ini sendiri dikhususkan untuk melatih organ jantung dan pembuluh darah seperti dengan melakukan jalan, lari, jogging, renang, bersepeda atau aerobik. Latihan cardio cukup dikenal sebagai salah satu olahraga pembakar lemak terbaik

Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal dengan melakukan cardio, teknik HIIT dapat diterapkan. HIIT atau Hight Intensity Interval Training adalah teknik latihan dengan menerapkan interval untuk latihan berat dan ringan atau cepat dan lambat, sehingga sesi istirahat dalam teknik latihan ini dilakukan secara aktif dan memberikan pembakaran lemak yang lebih efektif.

Untuk mengombinasikan baik latihan cardio dan teknik HIIT, dapat dilakukan dengan :

  1. Pemanasan selama 4 menit dengan speed 4.5 – 5 kmh
  2. Berjalan cepat selama 2 menit dengan speed 6 kmh
  3. Berlari selama 1 menit dengan speed 8.5 – 9 kmh
  4. Ulangi langkah kedua dan ketiga sebanyak 6 kali.
  5. Pendinginan selama 2-4  menit dengan speed 4-4.5 kmh

Lakukan cardio HIIT secara rutin untuk memaksimalkan pembakaran lemak. Bila telah terbiasa, dapat meningkatkan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi, dengan cara berikut :

  1. Pemanasan selama 4 menit dengan speed 4.5 – 5 kmh
  2. Berjalan cepat selama 1.5 menit dengan speed 6 kmh
  3. Berlari selama 1.5 menit dengan speed 8.5 – 9 kmh
  4. Ulangi langkah kedua dan ketiga sebanyak 3kali.
  5. Berjalan cepat selama 1 menit dengan speed 6 kmh
  6. Berlari selama 1 menit dengan speed 11-12 kmh
  7. Ulangi langkah kelima dan keenam sebanyak 3kali
  8. Pendinginan selama 2-4  menit dengan speed 4-4.5 kmh

Selalu sesuaikan setiap sesi latihan dengan kemampuan. Anda dapat mengurangi kecepatan namun harus tetap memberikan interval berat dan ringan di setiap latihan. Lakukan cara membakar lemak tersebut secara teratur. Anda dapat meningkatkan kecepatan bila telah terbiasa dengan latihan Anda. Jangan lupa untuk selalu mempertahankan sisi keamanan di setiap sesi latihan Anda.