Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak Tanpa ke Dokter

0
30
Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak
Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Beberapa penyakit ringan, seperti sakit perut biasa pada anak umumnya bisa diatasi sendiri di rumah. Karena ada cukup banyak cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Perlu Anda ketahui, bahwa ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan sendiri.

Nah, berikut ini kami sudah merangkum berbagai cara-cara mudah mengatasi sakit perut si kecil tanpa harus ke dokter terlebih dahulu. Berikut sudah kami rangkum cara-caranya di bawah ini:

  1. Memberikan Banyak Cairan

Cairan atau minuman yang cukup sangat bagus sekali untuk menjaga si kecil agar tidak mengalami dehidrasi. Anda bisa memilih jenis minuman seperti teh jahe atau teh mint yang bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak. Minuman tersebut juga bagus untuk menurunkan sakit perut.

Pastikan olahan minuman yang Anda buat tidak mengandung pemanis. Selain itu, beri juga si kecil minum air putih.

Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak
Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak
  1. Hindari Beberapa Jenis Makanan

Sakit perut bisa diakibatkan oleh beberapa jenis makanan. Beberapa di antaranya seperti makanan pedas, gorengan, makanan berminyak, dan lainnya. makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kondisi sakit perut si kecil menjadi lebih parah.

Anda bisa memilih makanan-makanan yang ringan di perut si kecil, mulai dari oatmeal, dan beberapa makanan lainnya yang tidak menyebabkan sakit perut.

  1. Kompres Perut dengan Air Hangat

Air hangat merupakan salah satu jenis kompresan terbaik untuk si kecil yang sedang sakit perut. Kompres merupakan salah satu cara yang paling efektif dan aman. Kompres dengan air hangat bahkan memiliki efek samping yang positif untuk si kecil.

Anda bisa menggunakan bantal pemanas, kemudian memilih tingkat panas yang paling rendah kemudian letakkan di perut si kecil.

  1. Memberikan Asupan Probiotik atau Yoghurt

Semua jenis makana probiotik memiliki kandungan yang bagus untuk meredakan sakit perut. Selain makanan, yoghurt juga merupakan salah satu minuman terbaik yang bagus untuk meredakan kram dan juga diare.

Yoghurt adalah minuman yang mengandung bakteri baik dan mampu membantu menghilangkan mikroba di usus yang menyebabkan sakit perut.

  1. Meminumkan Teh yang Mengandung Madu

Madu adalah minuman yang kaya akan manfaat. Madu sendiri merupakan sumber karbohidrat, antioksidan, dan juga gula. Madu sangat bagus sekali untuk ditambahkan ke dalam minuman herbal, salah satunya teh.

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, teh merupakan salah satu minuman yang bagus untuk mengatasi sakit perut. Nah, madu bisa Anda gunakan sebagai pemanis alami yang kaya akan manfaat.

  1. Pijat Area Perut Secara Lembut

Pijatlah bagian perut si kecil secara perlahan dan juga lembut. Pastikan pijatan yang Anda proses sangat nyaman sekali sehingga tidak menyebabkan si kecil sakit. Pijat secara perlahan secara beberapa saat.

Lakukan cara ini secara berkala. Gunakan telapak tangan dan jari-jari, kemudian pijat lembut dengan cara memutar searah jarum jam. Area yang harus Anda pijat berada di sekitar area pusar si kecil kemudian pijat dari dagu hingga ke bagian bawah perut.

Kesimpulan

Beberapa sakit perut yang terjadi pada anak-anak ternyata bisa kita atasi sendiri di rumah tanpa harus ke dokter. Namun Anda harus tetap peka terhadap kondisi sakit si kecil. Jika sakit perut si kecil tidak reda dalam beberapa lama, maka segeralah hubungi dokter.

Demikian informasi seputar cara mengatasi sakit perut pada anak tanpa harus ke dokter. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara-cara yang sudah kami jelaskan di atas. Selamat mencoba.