Beberpa Faktor Penyebab Jerawat

0
109

APASIH JERAWAT ITU…??? apa penyebabnya dan bagai mana cara mengatasi dan menghilangkannya? Ada beberpa faktior yang menyebabkan timbuknya jerawat pada kulit wajah.

JERAWAT Jerawat atau Acne (red:bahasa ilmiah) adalah timbulnya tonjolan kecil atau kantung nanah y ang meradang di permukaan kulit akibat tersumbatnya pori-pori kulit. Tersumbatnya pori-pori kulit ini diakibatkan oleh kelenjar minyak berlebih yang bercampur dengan debu/kotoran dan bakteri. Umumnya jerawat timbul pada permukaan wajah seperti pipi, kening, dan sekitar dagu, namun ladies ada pula yang timbul di daerah lubang telinga, dan bagian punggung. Konsistensinya pun berbeda-beda setiap orang, ada yang sedikit dan ada pula yang banyak, tergantung jenis kulit seseorang. Nah ladies, pada umumnya semakin tinggi tingkat kadar minyak pada kulit seseorang maka semakin rentan kulitnya akan berjerawat.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Ladies pasti pernah mendengar bahwa jerawat timbul karena keadaan wajah yang kotor. Sebenarnya bukan itu saja loh, sebenarnya jerawat itu timbul karena 2 hal yaitu karena faktor internal dan faktor external.
1. Faktor internal
Yaitu faktor yang berasal dari dalam tubuh. Jerawat yang timbul pada wajah dapat diakibatkan oleh faktor genetik dan hormonal. Jerawat yang timbul akibat faktor internal ini ladies agak susah untuk di intervensi atau dicegah karena timbul secara alamiah. Contoh jerawat karena faktor hormonal yaitu jerawat yang timbul saat menjelang menstruasi, setelah menstruasi, dan kehamilan. Sedangkan faktor genetik yaitu jerawat yang diturunkan dari orang tua, biasanya jerawat karena genetik ini agak sukar untuk di hilangkan.

2. Faktor external
Yaitu faktor yang berasal dari luar tubuh. Faktor external ini bermacam-macam ladies, beberapa diantarnya yang paling sering menyebabkan timbulnya jerawat yaitu;
– Personal hygiene yang kurang
kebiasaan malas membersihkan wajah atau permukaan kulit yang lain dapat menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat. Sebab debu, kotoran ataupun bakteri yang menempel pada permukaan kulit jika tidak dibersihkan dapat menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat inilah yang mengakibatkan iritasi pada daerah sekitarnya hingga timbullah jerawat. Sama halnya dengan jerawat yang tumbuh di daerang punggung, yang timbul akibat adanya bakteri yang berkembang biak. Untuk mencegahnya diperlukan kesadaran akan personal hygiene seperti rajin membersihkan badan dan mengganti pakaian dalam 2 kali sehari.
– Jenis makanan yang dikonsumsi
Ladies, tahukah bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat? Yups, tentu saja ladies, makanan yang tidak sehat seperti makanan yang diawetkan, minuman berkarbonasi, makanan berlemak serta makanan yang terlalu manis (pemanis buatan) dapat membuat kulit rentan terhadap timbulnya jerawat. Sebab makanan-makanan tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Jadi, tidak benar bahwa “makan kacang tumbuh jerawat”, justru kacang-kacangan mengandung protein nabati dan vitamin e yang baik buat kulit, kecuali ada beberapa orang yang alergi terhadap kacang/protein nabati.
– Pola hidup yang tidak sehat.
Point ini juga berpengaruh pada resiko timbulnya jerawat ladies. Pola hidup yang tidak sehat itu seperti, kebiasaan merokok, begadang, konsumsi kafein yang berlebihan, konsumsi fast food, gorengan serta makanan yang mengandung MSG.
– Pemilihan kosmetik
Ladies, bagian ini juga harus diperhatikan, sebab pemilihan kosmetik yang tidak tepat sangat berbahaya bagi wajah. Bukan hanya menimbulkan jerawat bila kosmetik tersebut tidak cocok dengan jenis kulit, juga dapat menimbulkan iritasi dan efek seperti terbakar.
Nah ladies, hal-hal di atas tadi sangat berpengaruh dalam timbulnya jerawat karena dapat mengganggu proses metabolisme tubuh dan proses detoksifikasi, dimana bila proses ini terhambat dapat membuat bakteri penyebab jerawat berkembang biak di dalam kelenjar yang tersumbat dan menimbulkan iritasi hingga timbullah jerawat.
– Stress.
stress juga dapat memicu timbulnya jerawat sebab pada kedaan stress tubuh akan mengalami ketidak seimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Jenis-jenis jerawat
Ladies, jerawat itu terbagi atas tiga jenis yaitu;

1. Komedo

komedo merupakan pori-pori yang tersumbat. Komedo pun terbagi menjadi 2 macam yaitu komedo yang tertutup dan yang terbuka. Komedo yang terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam sedangkan komedo yang tertutup terdapat kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat tersebut sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebih pada kulit.

2. Jerawat biasa

Jenis ini pada umumnya yang sering dialami oleh para ladies. Jenisnya pun mudah dikenali dengan tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Jerawat ini terjadi karena infeksi bakteri penyebab jerawat pada pori-pori yang tersumbat. Bakteri penyebabnya adalah propionibacterium acne yang hidup di saluran sebaceous yang tersumbat, yaitu tempat asam lemak yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. cara menghilangkan jerawat

3. Jerawat batu

Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang “membandel”, yaitu dengan tampilan jerawat yang besar-besar disertai peradangan hebat dan menyebar di seluruh wajah. Jenis jerawat ini umumnya terjadi karena faktor genetik.

Hal-hal yang harus diperhatikan

Ladies, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh dilakukan pada jerawat sebab bila dilakukan dapat berakibat fatal. Hal-hal tersebut adalah;

a. Jangan memecahkan jerawat.

Jerawat yang baru meradang (belum kering) sebaiknya jangan dipecahkan, apalagi bila melakukannya dengan tangan atau alat yang tidak steril. memecahkan jerawat dengan tidak steril dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Dan bila ingin memecahkan jerawat sebaiknya dilakukan oleh dokter ahli.

b. Jangan memencet jerawat yang berada di daerah T.

Daerah T yaitu area kening dan hidung. Perlu ladies ketahui bahwa daerah T ini adalah zona berbahaya bagi jerawat. Jadi sangat di sarankan untuk tidak memencet/memecahkan jerawat pada daerah T ini. Alasannya, karena pada daerah T terdapat banyak pembuluh darah yang langsung menuju ke otak. Bila jerawat pada daerah T ini dipecahkan, maka nanah yang berada dalam jerawat tersebut dapat masuk ke dalam pembuluh darah sehingga menimbulkan abses pembuluh darah yang dapat berakibat kematian.

c. Jangan menusuk telinga dengan benda asing/ benda tajam.

Beberapa orang kadang memiliki kebiasaan buruk yaitu menusuk telinga dengan benda asing atau tajam bila telinganya terasa gatal. Hati-hati ladies, tindakan ini dapat membuat telinga bagian dalam luka dan menyebabkan iritasi, sehingga bisa timbul jerawat bahkan peradangan pada telinga.

Cara mengatasi dan mengilangkan jerawat
Untuk mengatasi jerawat, yang perlu ladies lakukan adalah mengindari hal-hal yang dapat menimbulkan jerawat seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Adapun tindakan preventif yang sebaiknya dilakukan adalah;

1. Menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah bila perlu gunakan sabun wajah khusus untuk mencegah jerawat. Untuk mengatasi jerawat pada punggung sebaiknya hindari pakaian yang tidak menyerap keringat serta mengganti pakaian dalam dua kali sehari.
2. Hindari makan makanan yang berpotensial menimbulkan jerawat.
3. Mulailah hidup dengan pola yang sehat, olah raga secara teratur dan hindari begadang.
4. Pilihlah kosmetik yang aman dan terstandar serta sesuai dengan jenis kulit. Jangan tergiur hanya karena ingin putih instant sebab bisa saja produk kosmetik tersebut mengandung bahan-bahan pemutih berbahaya atau mercury yang dapat menimbulkan jerawat, iritasi, peradangan hingga alergi.
5. Makan-makanan sehat, seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik buat kulit.
6. Minum air putih yang cukup, hal ini sangat baik bagi tubuh untuk menjaga kelembaban kulit serta memperlancar metabolisme tubuh.
7. Hindari stress dan berpikit positif.

Sedangkan untuk mengilangkan jerawat, ladies dapat melakukan perawatan wajah rutin serta berkonsultasi pada dokter ahli. Selain itu adapula cara-cara alami untuk mengilangkan jerawat seperti :

1. menggunakan masker anti jerawat
2. mengoleskan sari jeruk nipis
3. mengoleskan sari daun pepaya
4. mengkonsumsi pepaya/semangka (buah-buah anti oksidan tinggi)
5. mengkonsumsi madu.

Demikian ladies, semoga bermanfaat yach. Dan ingat “tetap sehat, tetap cantik”
Salam