Tren Social Media Marketing

0
929

Apa sih social media marketing itu? Jika kita translate bahasa tersebut ke dalam Bahasa Indonesia maka kata-kata di atas memiliki arti pemasaran media sosial. Yang sudah jelas sekali dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan kata tersebut adalah perusahaan-perusahaan ataupun orang-orang tertentu yang melakukan kegiatan ekonomi yaitu berupa kegiatan pemasaran melalui sebuah media sosial. Media sosial sendiri terdiri dari banyak macam, seperti contohnya facebook, twitter, whatsapp, instagram, dan lain-lainnya.

social media marketing

Lalu sebenarnya apa alasan mereka atau perusahaan ataupun orang-orang itu suka melakukan aktivitas promosi melalui sebuah media sosial? Banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui kegiatan pemasaran ini.

Berikut dibawah ini adalah keunggulan menggunakan social media marketing:

1. Menghemat biaya

Pertama yang pasti sebuah perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membayar sales ataupun spg yang biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan promosi. Mereka hanya tinggal menyewa jasa pengiklan lewat internet saja tanpa harus repot mengurusi sales-sales promosi.

2. Waktu yang efisien

Lalu selanjutnya, jika sebuah perusahaan melakukan sebuah kegiatan pemasaran melalui social media marketing maka perusahaan tersebut akan mempunyai waktu yang lebih efisien dimana waktu tersebut bisa perusahaan alihkan untuk kegiatan perusahaan yang lainnya yang tentunya membawa banyak manfaat bagi perusahaan.

3. Mengedepankan teknologi

Alasan selanjutnya yang mungkin digunakan oleh perusahaan dalam mengambil keputusan untuk melakukan social media marketing ini adalah bahwa pemasaran yang di lakukan melalui sosial media sangat sesuai dengan perkembangan zaman sekarang ini yang telah mengedepankan teknologi terkini dalam segala urusannya. Dengan melakukan kegiatan pemasaran melalui internet bukankah akan lebih efektif dibandingkan dengan cara promosi atau marketing secara langsung. Jika promo yang dilaksanakan secara langsung misalkan melalui sebuah brosur harus dilaksanakan dengan merekrut banyak sekali tenaga manusia dalam proses pemasarannya dan tidak jarang juga tidak terlalu banyak membawa perubahan bagi tingkat penjualan bagi produk perusahaan. Karena kebanyakan jika seseorang melewati sebuah iklan ataupun brosur yang tertempel begitu saja di jalan-jalan maka orang tersebut tidak akan begitu perduli dengan brosur tersebut karena terlalu fokus dengan tujuannya.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan melakukan pemasaran melalui sosial media ini. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan kesempatan yang telah ada.