Tips Membuat dan Menyajikan Menu 4 Bintang MPASI

0
66
menu 4 bintang mpasi
menu 4 bintang mpasi

Kebutuhan gizi anak-anak jauh lebih besar dibandingkan kebutuhan gizi orang dewasa. Itulah kenapa Anda harus memperhatikan bahan-bahan pada saat membuat MPASI. Ketahui juga apa itu menu 4 bintang MPASI. Menu tersebut memiliki banyak sekali manfaat untuk si kecil.

Sebagai informasi, 4 bintang yang dimaksud adalah 4 kandungan yang penting. Adapun kandungan-kandungan tersebut yaitu protein hewani, protein nabati, karbohidrat, dan sayuran. Nah, berikut kami jelaskan tips membuatnya:

menu 4 bintang mpasi
menu 4 bintang mpasi
  1. Memilih Sayuran yang Tepat

Tidak semua jenis sayuran bisa digunakan untuk pembuatan MPASI. Beberapa yang cocok di antaranya seperti wortel, bayam, tomat, dan brokoli. Sayuran tersebut memiliki kandungan yang sangat bagus. Bahkan dilengkapi dengan kandungan vitamin yang lengkap untuk si kecil.

Pastikan juga Anda mengolahnya secara benar. Jangan terlalu matang dan juga jangan terlalu mentah. Pastikan tingkat kematangannya pas agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

  1. Pilih Sumber Karbohidrat

Ada beberapa jenis karbohidrat yang bisa digunakan. Mulai dari beras putih biasa, beras merah, gandum, atau oatmeal. Karbohidrat sangat penting untuk membantu stamina si kecil agar tetap terjaga.

Silahkan Anda pilih jenis kandungan karbohidrat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Anda juga bisa memvariasikannya sesuai dengan kebutuhan si kecil agar tidak mudah bosan.

  1. Penuhi Protein Hewani

Ada banyak pilihan jenis protein hewani yang bisa Anda coba berikan kepada si kecil. Beberapa yang paling direkomendasikan yaitu seperti daging ayam bagian dada, daging sapi tanpa lemak, dan ikan.

 Namun pastikan Anda mengolahnya secara benar. Pastikan pengolahan daging tersebut sampai lembut agar si kecil mudah mengonsumsinya.

  1. Pilih Protein Nabati

Variasikan makanan pelengkap ASI si kecil dengan protein hewani maupun nabati. Silahkan Anda pilih salah satunya dan variasikan agar si kecil tidak mudah bosan dengan menu itu-itu saja.

Beberapa jenis protein nabati yang bagus untuk anak-anak yaitu seperti kacang merah, tahu, dan tempe.

Nah, itulah beberapa tips mengolah menu 4 bintang MPASI yang bagus untuk anak-anak. Pastikan Anda mengaplikasikan tips di atas untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil. Agar lebih mudah, Anda juga bisa memberi si kecil bubur bayi Cerelac yang sudah dilengkapi dengan gizi lengkap.