Setir Mobil Bergetar? Ini Penyebab  serta Solusinya

0
22

Perjalanan panjang jadi semakin tidak nyaman jika salah satu komponen mobil bermasalah. Salah satu hal yang umum dijumpai adalah setir mobil bergetar. Di saat hal ini terjadi, maka beberapa kemungkinan terhadap komponen mobil sedang bermasalah.

Bagian komponen mobil yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab utamanya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengetahui penyebabnya dengan menyimak ulasan artikel kali ini.

 

Tekanan Angin Ban

Permasalahan pertama yang dapat membuat setir bergetar yakni tekanan ban mobil. Biasanya si pemilik jarang memperhatikan tekanan angin ban. Dengan tekanan angin ban yang tidak sesuai dengan ukurannya akan membuat setir pada mobil bergetar.

Oleh karena itu, pastikan tekanan angin ban mobil Anda sesuai dengan rekomendasi asal pabriknya, ya.

 

Kaki Mobil

Selanjutnya yang bisa saja menjadi penyebab setir mobil bergetar yakni bermasalah pada kaki-kaki mobil.  Di saat menjalankan mobil dan merasakan getaran pada setir, mungkin ada beberapa komponen pada kaki yang bermasalah seperti rack steer, ball joint dan komponen lainnya.

 

Engine mounting

Getaran pada setir bisa saja diakibatkan karena bagian engine mounting yang menurun sehingga, membuat getaran mesin lebih kuat dan semakin terasa. Alhasil Anda akan merasakan getaran pada setir saat menjalankan mobil.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa mesin merupakan pokok utama mobil, sumber energinya. Dengan getaran mesin yang lebih kuat akan membuat setir terasa bergetar.

 

 

Spooring dan balancing

Yang terakhir penyebab setir mobil ini bergetar yakni karena spooring dan balancing yang bermasalah. Spooring adalah sebuah proses dalam meluruskan kedudukan keseluruhan roda pada awal, tentunya disesuaikan rekomendasi pabrik.

Lalu, balancing yakni proses dalam menjaga keseimbangan titik roda pada semua sisi, atas bawah dan kiri kanan roda dengan cara menambahkan timah di bagian kekurangan.

Spooring dan balancing sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk membuat perjalanan mobil semakin nyaman.

Jika setir mobil Anda sudah mengalami getaran ada baiknya, Anda mengunjungi bengkel mobil. Dalam mencegah setir bergetar diharuskan untuk melakukan perawatan yang lebih seperti rutin mendatangi bengkel khusus untuk perawatan mobil.