Perkembangan bayi 5 bulan, Umumnya Ia Sudah Bisa Melakukan Hal Ini

0
82
perkembangan bayi 5 bulan

Ketika si kecil sudah memasuki usia 5 bulan, sejatinya akan mengalami perkembangan bayi 5 bulan yang sangat penting untuk Mama ketahui. Pasalnya pada fase tersebut, si kecil akan mulai bisa melakukan berbagai hal dengan lebih mahir jauh dari usia sebelumnya. 

Penasaran hal apa saja yang sudah bisa dilakukan oleh si kecil pada usia ini? Simak ulasannya di bawah ini. 

Menyimak Kebiasaan Bayi Pada Usia 5 Bulan

Ketika si kecil sudah berusia 5 bulan, sejatinya pada perkembangan bayi 5 bulannya, ia sudah mulai bisa melakukan berbagai hal sebagai berikut: 

  • Mulai belajar duduk sendiri

Pertama, bayi berusia 5 bulan ini, akan mulai belajar duduk dengan sendirinya. Ia akan mulai mendorong kedua lengannya dari posisi tengkurap sampai bisa duduk dengan lebih stabil. 

  • Mengenali sumber suara

Bayi berusia 5 bulan juga akan mengalami fase pendengaran yang lebih baik dari usia sebelumnya. Yang mana ia akan mulai bisa mengenali sumber suara yang timbul di sekitarnya. Ia akan secara otomatis menoleh ke asal suara yang timbul tersebut. 

  • Bisa Mengekspresikan Perasaanya

Perkembangan bayi usia 5 bulan ini juga sering ditandai dengan kemampuannya dalam mengekspresikan perasaanya. Seperti misalkan ia akan meminta untuk digendong apabila sedang merasa gelisah ataupun bosan.  

  • Mulai mengeluarkan kata-kata sederhana

Biasanya, pada usia ini si kecil sudah mulai bisa mengeluarkan kata-kata sederhana, seperti kata “Ma”, “Pa”, “Ba”, dan lain sebagainya. Ocehan tersebut biasa dikenal dengan istilah bubbling, yang merupakan sebuah bentuk cara dia untuk berkomunikasi.  

  • Mengamati Benda

Pada usia ini, si kecil juga akan terlihat mulai bisa mengamati benda-benda kecil yang ada di sekitarnya, dan juga akan mengikuti pergerakannya. 

Bayi juga akan mulai memahami bahwa akan ada hubungan sebuah sebab dan akibat. Seperti misalnya, jika ia menjatuhkan sebuah mainan, maka akan ada yang memungutnya, atau karena sebatas rasa keingintahuan si kecil mau ke arah mana benda tersebut akan jatuh. 

Sekian ulasan mengenai perkembangan bayi 5 bulan ini, dan pastikan Mama memberikan popok terbaik seperti dari MAKUKU, agar aktivitasnya bisa berjalan lebih baik.