Perbedaan laktosa dan glukosa yang perlu diketahui

0
34

Gula merupakan salah satu nutrisi yang pada dasarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Akan tetapi asupan gula yang berlebih tentu akan menimbulkan efek yang sangat buruk bagi kesehatan terlebih lagi bagi anak-anak. Selain akan menjadikan anak-anak lebih berisiko mengalami masalah diabetes, kandungan gula yang cukup tinggi juga akan menghambat pertumbuhan anak-anak dan merusak beberapa macam organ tubuhnya seperti pertumbuhan gigi.

Para orang tua perlu mengetahui jenis-jenis dan perbedaan antara gula sehingga mampu memberikan asupan makanan yang tepat bagi si kecil. Gula pada dasarnya memiliki beberapa macam jenis seperti laktosa dan glukosa. Perbedaan laktosa dan Jenis gula lainnya harus diketahui dengan sangat baik agar kita bisa menyajikan makanan yang tepat bagi sang Buah Hati.

Gula sederhana atau yang sering dikatakan simple sugar merupakan salah satu sumber karbohidrat bagi tubuh. Gula sederhana merupakan monosakarida yaitu jenis yang paling sederhana yang tidak bisa dipecah lagi di dalam tubuh. Yang termasuk ke dalam golongan monosakarida di antaranya adalah fruktosa glukosa dan laktosa.

Selain itu ada pula gula sederhana yang termasuk ke dalam disakarida yang terdapat dua jenis monosakarida yang diikat bersama. Yang termasuk ke dalam jenis disakarida adalah laktosa, sukrosa dan maltosa. Mams perlu mengetahui perbedaan laktosa dan Jenis gula lainnya agar mengetahui pula manfaat dan dan efek negatif yang ditimbulkan apabila diberikan secara berlebih.

Perbedaan laktosa dan glukosa yang perlu diketahui

Glukosa merupakan salah satu jenis gula atau karbohidrat sederhana yang didapatkan dari makanan yang kita konsumsi dan diolah di dalam tubuh menjadi sumber energi. Glukosa menjadi salah satu jenis gula yang mengalir di dalam darah sehingga dikenal sebagai gula darah. Beberapa macam jenis makanan seperti kentang, nasi, roti dan beberapa macam jenis makanan lainnya menjadi sumber glukosa.

Fruktosa adalah salah satu jenis gula buah karena terkandung di dalam buah-buahan. Sayur dan madu juga memiliki kandungan fruktosa. Gula berjenis fruktosa bisa diserap oleh tubuh tanpa harus terpecah lebih dahulu. Fruktosa juga menaikkan kadar gula darah lebih lambat jika dibandingkan dengan glukosa sehingga bisa dikatakan lebih sehat dan lebih cocok untuk dikonsumsi.

Perbedaan laktosa dan jenis gula lainnya yang perlu diketahui adalah laktosa termasuk karbohidrat sederhana golongan disakarida yang terdiri dari laktosa dan glukosa. Laktosa dalam laktosa berperan untuk perkembangan sel dan fungsi organ tubuh selain itu laktosa juga merupakan peran biotik yang menjadi sumber energi bagi bakteri baik di dalam usus sehingga berperan menjaga kesehatan organ pencernaan.