Penyebab Mata Bintitan Serta Cara Pengobatan yang Tepat

0
46
mata bintitan

Hordeolum atau biasa kita kenal sebagai mata bintitan, merupakan salah satu permasalahan umum yang terjadi pada mata. Selain mengganggu penampilan, bintitan ini juga dapat mengganggu serta mengurangi kenyamanan Anda selama beraktivitas.  

Bintitan pada mata ini biasanya mudah dikenali dengan terjadinya pembengkakan atau benjolan pada area kelopak mata. Biasanya ini juga beriringan dengan rasa sakit dan juga gatal pada area mata yang terkena bintitan. 

Penyebab Terjadinya Bintitan Pada Mata

Adapun yang menjadi sumber penyebab terjadinya mata bintitan ini, diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri merupakan salah satu penyebab utama terjadinya bintitan pada mata ini. Bakteri ini bisa masuk ke dalam kelenjar minyak dan dapat mengakibatkan peradangan pada mata. 

  • Kontaminasi dengan Kotoran

Menyentuh atau menggosok mata dengan tangan yang kotor, sejatinya dapat memicu perpindahan bakteri, serta mengakibatkan terjadinya infeksi pada kelenjar minyak pada area mata. 

  • Kondisi Kulit Tertentu 

Orang yang memiliki kulit berminyak atau jenis kulit tertentu, biasanya akan lebih rentan terkena permasalahan bintitan pada mata. 

Cara Mengobatinya

Meski biasanya dapat sembuh dengan sendirinya, namun beberapa cara dibawah ini bisa membantu meredakan gejala serta mempercepat proses penyembuhan bintitan pada mata. 

  • Kompres dengan Air Hangat

Mengompres mata yang bintitan dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi oleh air hangat, sejatinya dapat membantu membuka kelenjar minyak yang tersumbat, dan mengurangi peradangan pada mata. Lakukan hal ini selama 10-15 menit dalam sehari. 

  • Menggunakan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata seperti dari produk Insto atau yang sudah diresepkan khusus oleh dokter, juga dapat membantu mengatasi permasalahan bintitan pada mata ini. Dengan menggunakan obat tetes mata ini, selain bisa mengurangi rasa tidak nyaman juga meredakan gejala bintitan pada mata. 

Mata bintitan merupakan salah satu permasalahan mata yang umum terjadi, dan ada beberapa kasus yang bisa ditangani dengan cara yang sederhana.

Namun jika Anda mendapati kasus bintitan yang lebih parah dan terus berulang, baiknya lakukan konsultasi dengan dokter mata terdekat, untuk mendapatkan penanganan medis yang lebih tepat.