Penggunaan Adwords untuk Berpromosi

0
1215
Promosi Online
Promosi Online

Google Adwords merupakan salah satu fasilitas periklanan yang diberikan oleh Google yang dapat berupa teks, video atau gambar yang ditampilkan di mesin pencari ketika pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu yang sesuai dengan iklan yang dibuat. Promosi online lewat iklan yang ditampilkan dalam Adwords kana lebih dikenal oleh masyarakat luas karena internet dapat menjangkau hampir semua belahan dunia.

Keuntungan menggunakan Adwords sebagai salah satu media promosi secara online diantaranya yaitu:

  • Untuk membantu dalam mengembangkan bisnis atau usaha yang Anda kerjakan.
  • Membantu agar bisnis atau usaha Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan memanfaatkan mesin pencari dan internet
  • Meningkatkan trafik pengunjung
  • Dapat membantu untuk meningkatkan omset pendapatan bisnis Anda

Dalam sistem periklanannya, fasilitas periklanan yang diberikan oleh Google ini memiliki 2 cara yaitu:

  • Pay per click atau PPC yang cara kerjanya tergantung dari jumlah klik pada iklan tersebut, maksudnya adalah, jika iklan yang Anda tampilkan dengan menggunakan Adwords tersebut diklik oleh pengunjung internet, maka Anda akan terkena biaya pemasangan iklan. Akan tetapi, jika iklan Anda sama sekali tidak diklik, maka tidak akan dikenakan biaya apapun.
  • Pay per million impression atau PPM merupakan cara pembayaran iklan berdasarkan pada tayangan iklan yang ditayangkan dan biasanya per seribu tayang.

Untuk melakukan promosi online dengan menggunakan Google Adwords, Anda harus memiliki account terlebih dahulu. Caranya dengan masuk ke situs dari fasilitas iklan tersebut dan mendaftar seperti biasa. Setelah terdaftar dan melakukan pengaturan, Anda dapat membuat iklan atau kampanye baru dan jangan lupa untuk memasukkan kata kunci sesuai dengan niche Anda. Penggunaan tool yang telah disediakan dapat membantu Anda untuk memaksimalkan fasilitas dari Adwords tersebut misalnya dengan menggunakan Adwords tool untuk membantu memilih keyword yang sesuai dengan iklan yang Anda buat. Bagi perusahaan besar, promosi dengan menggunakan Adwords dapat dibantu oleh pihak lain yang ahli mengurusi adwords misalnya Partner Iklan agar dapat bekerja lebih maksimal.