Nutrisi untuk Pertumbuhan Anak

0
265
pertumbuhan anak
pertumbuhan anak

Semua orang tua pasti ingin anaknya tumbuh dengan sehat dan optimal. Mam perlu melakukan pengukuran dan pemantauan agar si Kecil bisa tumbuh sesuai harapan. Pertumbuhan anak berhubungan dengan pertambahan ukuran fisik serta bentuk tubuh si Kecil. Selain faktor genetik, pertumbuhan yang optimal juga dipengaruhi oleh nutrisi yang didapatkan si Kecil. Berikut ini adalah beberapa nutrisi penting untuk pertumbuhan yang perlu Mam penuhi:

Vitamin

Selama proses pertumbuhannya, si Kecil membutuhkan berbagai macam vitamin seperti vitamin A, E, C, B, dan D. Jika Mam ingin memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan anak, maka berikan vitamin D yang cukup. Pasalnya vitamin ini bekerja sama dengan kalsium untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang.

pertumbuhan anak
pertumbuhan anak

Beberapa makanan yang mengandung vitamin D adalah kacang kedelai, bayam, ikan, dan telur. Kreasikan makanan-makanan tersebut agar si Kecil mau mengonsumsinya. Mam juga bisa memberikannya secara variatif sehingga si Kecil tidak bosan.

Kalsium

Nutrisi untuk pertumbuhan anak selanjutnya adalah kalsium. Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan, jadi tidak boleh Mam abaikan. Asupan kalsium yang cukup bisa membantu pertumbuhan tinggi badan anak berjalan hingga maksimal. Selain itu, kalsium juga bermanfaat untuk pertumbuhan gigi dan tulang yang kuat.

Protein 

Protein merupakan makronutrien dengan sejuta manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh. Untuk pertumbuhan, protein membantu memperkuat otot dan tulang sehingga anak bisa tumbuh dengan maksimal. Banyak makanan yang mengandung protein seperti kacang-kacangan, telur, ikan, makanan laut, dan biji-bijian.

Zat Besi

Zat besi dikenal sebagai nutrisi yang penting untuk mencegah anemia pada si Kecil. Namun sebenarnya manfaat dari zat besi tidak hanya itu saja. Salah satu jenis mineral ini bisa menunjang tumbuh kembang si Kecil. Sel darah merah di tubuh membutuhkan zat besi untuk mengangkut oksigen ke otak dan organ tubuh penting lainnya.

Itulah beberapa nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat.

Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.