Mengetahui Apa Saja Fungsi Laktosa Pada Susu

0
129
fungsi laktosa pada susu

 

Laktosa menjadi salah satu kandungan gula yang ada pada susu. Namun, sudahkah Bunda memahami apa fungsi laktosa pada susu? Pada dasarnya, si Kecil memang membutuhkan kandungan gizi ini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Laktosa sendiri bisa ditemukan di berbagai produk olahan susu, tak terkecuali ASI. Jadi, Bunda juga bisa menemukannya di yoghurt, keju, roti, bahkan daging. Sebenarnya, apa sih peran dan manfaat laktosa untuk si Kecil? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya. 

Berapa Banyak Kandungan Laktosa Pada Susu?

fungsi laktosa pada susu
fungsi laktosa pada susu

Kandungan laktosa dari susu sebenarnya berbeda-beda. Setiap  pangan pasti memiliki kandungan laktosa yang aman karena sudah melalui proses produksi sesuai standar. Namun, mengkonsumsinya secara berlebihan juga tidak dianjurkan. 

Masing-masing memiliki kadar laktosa tersendiri sehingga bisa memberikan manfaat. Adapun kandungan gula laktosa pada susu sapi adalah sebesar 5%. Sementara itu, laktosa pada ASI lebih tinggi lagi yaitu sekitar 6,9-7,2%.

Manfaat Susu Pertumbuhan sebagai Sumber Laktosa Si Kecil

Bagaimana memperoleh fungsi laktosa pada susu untuk pertumbuhan si Kecil? Bunda bisa mendapatkannya dari berbagai macam jenis makanan yang sudah disebutkan di atas. Namun, tentu saja susu pertumbuhan sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan laktosa di Kecil.

Sebagai salah satu sumber laktosa, berikut manfaat susu pertumbuhan yang bisa dirasakan.

  1. Membantu Melengkapi Asupan Nutrisi

Memasuki usia toddler, si Kecil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang berimbang. Misalnya dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat, protein, mineral, vitamin, asam folat, dan lain sebagainya. 

Nah, susu pertumbuhan mengandung jenis karbohidrat laktosa yang tentunya bisa menjadi sumber energi yang baik. Si Kecil pun bisa tumbuh dengan sehat dan riang karena asupan gizinya terpenuhi. 

  1. Melindungi Kesehatan Tubuh si Kecil

Jangan biarkan si Kecil tubuhnya rentan sakit karena kekurangan nutrisi. Bunda bisa melindungi kesehatan tubuhnya mulai dari susu pertumbuhan. Dengan demikian, si Kecil bisa tumbuh dan berkembang secara aktif. 

  1. Mengoptimalkan Tumbuh Kembang

Di usia toddler, bunda akan dikejutkan dengan perkembangan si Kecil yang mengagumkan. Jangan lewatkan setiap momen di dalamnya dengan memberikan susu pertumbuhan yang tepat. Dengan demikian, si Kecil bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Memberi asupan laktosa untuk si Kecil memang bisa didapatkan dari banyak sumber. Salah satunya dari susu pertumbuhan Dancow Gum yang banyak direkomendasikan ahli gizi. Dengan formulanya lebih diperkaya dengan vitamin dan mineral. 

Selain itu, fungsi laktosa pada susu pertumbuhan ini disesuaikan dengan kebutuhan anak usia toddler. Yuk, berikan asupan gizi yang baik untuk si Kecil tumbuh optimal!