Mengenal Polis Asuransi

0
1043
Mengenal Polis Asuransi

Ketika kita mengikuti sebuah asuransi, tentu kita harus paham istilah-istilah dalam asuransi. Selain itu, kita juga harus paham isi dari istilah-istilah tersebut, agar tidak bingung di kemudian hari. Dalam asuransi, kita akan mengenal istilah polis asuransi, karena polis asuransi ini merupakan salah satu hal pokok dalam menggunakan asuransi. Polis asuransi dapat diartikan sebagai perjanjian tertulis antara pengguna, pihak asuransi bahkan pihak ketiga.

Polis asuransi ini bisa dikatakan sebagai akta perjanjian dalam mengikuti asuransi. Di dalam polis asuransi, terdapat banyak ketentuan yang harus dipahami dan dipatuhi oleh kedua pihak. Perjanjian yang tertera dalam polis asuransi bisa mencakup besaran dan lama iuran yang disetorkan pengguna kepada pihak perusahaan asuransi (Premi). Selain itu, terdapat perjanjian besaran yang harus dikeluarkan pihak asuransi ketika pengguna mengalami kerugian. Untuk mengetahui isi pada polis asuransi di kemudian hari, pengguna bisa cek polis asuransi di web perusahaan asuransi yang anda ikuti.

Yang perlu diperhatikan dari polis asuransi ini ialah hak dan kewajiban anda dan pihak asuransi, agar tidak menimbulkan polemik di kemudian hari. Selain itu, anda perlu memperhatikan premi atau besaran uang yang anda setorkan tiap bulannya. Selanjutnya anda mesti mencermati kebermanfaatan asuransi tersebut dan anda juga mesti mencermati hal apa saja atau klaim apa saja yang tidak bisa dinikmati.

Jika anda telah mendaftar pada perusahaan asuransi dan melakukan persetujuan dengan pihak asuransi, anda akan di beri berkas perjanjian yang harus anda simpan dengan benar. Kemudian, anda akan diberi nomor polis. Hal itu untuk memudahkan anda dalam membayar premi dan melakukan klaim asuransi. Selain itu, nomor tersebut bisa digunakan untuk cek polis asuransi anda di kemudian hari.

Dewasa ini, berkembangnya teknologi dimanfaatkan betul oleh perusahaan asuransi. Dalam hal ini, pengecekan no polis dapat anda lakukan melalui web. Dengan mengunjungi web perusahaan asuransi yang anda ikuti, lalu cari cek polis,  anda tinggal memasukan no polis dan no jaminan anda. Dan anda akan bisa melihat polis asuransi anda kapanpun dan dimanapun.