Mencari Niche Tepat Untuk Bisnis Travel Wisata

0
870
Mencari Niche Tepat untuk Bisnis Travel Wisata
Mencari Niche Tepat untuk Bisnis Travel Wisata

Mendirikan usaha tiket pesawat merupakan cara yang relatif beresiko rendah dan bermodal kecil. Selama ada koneksi internet, gadget yang tepat, dan tahu bagaimana memanfaatkan jaringan pertemanan, usaha ini mempunyai kesempatan sukses yang tinggi. Tetapi sudah banyak orang yang juga melakukan hal serupa. Jadi bagaimana membedakan bisnis Anda tersebut dengan kompetitor?

Pertama, Anda perlu bermitra dulu dengan usaha agen tiket pesawat yang sudah mapan. Di Alfafa Universal misalnya, Anda bisa memanfaatkan program training dan software yang diberikan. Namun setelah itu, kembangkan sendiri usaha Anda, contohnya dengan melakukan spesialisasi, agar bisnis Anda terlihat mencolok. Ini beberapa yang perlu dipertimbangkan:

  1. Spesialisasi pada hal yang ada pasarnya. Lakukan riset dulu sebelum terjun ke niche wisata yang akan ditekuni.
  2. Perdalam pengetahuan Anda tentang niche tersebut, apa saja keuntungan dan kerugiannya, dan bagaimana mekanismenya.
  3. Pasarkan program spesial Anda tersebut di lokasi yang tepat, dengan image yang pas pula.
  4. Cukup spesialisasi untuk satu atau dua hal saja dulu agar Anda bisa fokus.
  5. Jangan lupakan klien Anda yang hanya ingin perjalanan regular saja.

Sedangkan untuk bidang apa saja yang bisa menjadi niche Anda, ini beberapa contohnya:

  1. Wisata kuliner – spesialisasi untuk wisata kuliner yang khas di berbagai kota, provinsi, maupun negara yang menjadi tempat tujuan klien.
  2. Petualangan – atau Anda bisa menyediakan itinerary penuh dengan berbagai petualangan seru di alam terbuka, dari rafting, safari, trekking, dan berbagai jenis petualangan lain.
  3. Romantis – buatlah program untuk perjalanan romantis bagi pasangan yang berbulan madu, anniversary, atau pernikahan.
  4. Pensiunan – Anda juga bisa memberikan pengalaman perjalanan yang mengesankan bagi para orang tua yang sudah pensiun dan ingin perjalanan yang santai namun mengesankan.

Seperti Anda lihat sendiri, ada banyak cara untuk memperluas layanan Anda selain menjadi usaha tiket pesawat saja. Dengan adanya niche yang khusus ini, nama Anda bisa lebih dikenal di kalangan target demografik Anda. Apalagi jika review yang tersebar adalah review yang positif. Ini kesempatan Anda untuk menjadi beda dengan agen perjalanan yang lainnya.

Baca Juga Artikel Terkait : Kemudahan Menekuni Usaha Penjualan Tiket Pesawat