Komponen-Komponen Yang Ada Dalam Biaya Asuransi

0
1410
Komponen-Komponen Yang Ada Dalam Biaya Asuransi

Adanya asuransi dalam penggunaan untuk kehidupan yang lebih baik, tidak terelakan lagi keberadaannya. Asuransi tidak lagi dianggap sebagai beban tetapi sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menghadapi masa depan yang tidak diketahui apa yang akan terjadi, seperti menabung yang manfaatnya akan dirasakan untuk kedepannya.

Dalam memilih asuransi ini tentunya juga berhubungan dengan adanya biaya asuransi atau premi asuransi yang merupakan harga pembelian dari suatu tanggungan asuransi yang wajib diberikan oleh mereka yang menggunakan asuransi. Adanya biaya ini sebagai imbalan akan suatu pengalihan resiko dari pemegang polis asuransi kepada pihak asuransi.

Dalam mengetahui mengenai biaya asuransi ini, perusahaan asuransi biasanya telah membuat iklan-iklan atau semacam promosi yang banyak dilakukan pada berbagai media, seperti televisi, koran, majalah, dan juga di internet, yang sekarang ini mulai menjadi tempat terbaik untuk suatu iklan. Dalam biaya asuransi setiap perusahaan asuransi ini tentunya terjadi karena beberapa hal yang turut mempengaruhi akan harga preminya.

Dan untuk mengetahui mengenai biaya asuransi lebih luas lagi maka sebaiknya kita mengetahui akan komponen-komponen dari adanya premi atau biaya asuransi, yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Premi dasar. Premi dasar ini merupakan biaya tau premi yang dibayarkan oleh pihak pemegang polis asuransi kepada pihak perusahaan asuransi. Untuk perhitungan dalam premi ini biasanya didasarkan kepada adanya keterangan yang diberikan kepada oleh pemegang polis kepada pihak asuransi pada saat penutupan asuransi yang pertama.
  2. Premi tambahan. Untuk premi tambahan biasanya dikenakan jika ada permintaan akan tambahan penanggungan atau cakupan jaminan yang lebih luas lagi oleh pihak pemegang asuransi. Sehingga dengan bertambahnya  cakupan tanggungan maka preminyapun menjadi bertambah pula.
  3. Tarif kompeni. Tarif ini sering ada pada asuransi sebagai kewaspadaan akan adanya persaingan antar perusahaan asuransi yang tidak sehat. Sehingga untuk itu biasanya suka ada asosiasi dari perusahaan asuransi yang mengatur akan daftar biaya asuransi yang harus dipatok. Kesepakan harga yang dibuat tentunya harus dipatuhi oleh setiap perusahaan asuransi, sehingga dapat menjadi pegangan secara bersama-sama oleh perusahaan asuransi.