Inilah Hal-Hal yang Mempengaruhi Harga Kalung Berlian di Toko Perhiasan

0
208
harga kalung berlian
harga kalung berlian

Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli kalung berlian adalah budget. Pastikan memilih harga kalung berlian sesuai dengan budget agar tidak memberatkan keuangan. Memang kalung berlian identik dengan harga yang mahal, namun sebenarnya harga kalung dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah berbagai hal yang mempengaruhi harganya:

Berat Karat

Faktor pertama yang berpengaruh pada harga kalung adalah berat karat atau carat weight. Perlu Anda ketahui karat pada berlian berbeda dengan emas. Pada berlian, karat menunjukkan beratnya sehingga disebut berat karat. Nilai 1 karat sama dengan 200 miligram. Untuk memaksimalkan harganya, pilih karat yang tidak umum contohnya 0,35-0,39 atau 0,45-0,49.

Kejernihan 

Kejernihan atau clarity menunjukkan ada tidaknya tanda cacat atau inklusi pada berlian. Berlian paling jernih adalah FL (flawless) dengan harga yang sangat mahal. Sedangkan berlian paling buruk adalah I (Included). Tidak harus tertinggi, kejernihan level VVS sudah sangat bagus. Bahkan kejernihan VS juga tetap bagus apabila faktor lainnya berkualitas.

Warna

Warna atau color juga termasuk faktor yang berpengaruh pada harga kalung berlian. Berdasarkan penilaian GIA, warna berlian memiliki skala D sampai Z. Sama seperti kejernihan, warna juga tidak perlu tinggi-tinggi seperti skala D. Agar lebih hemat, Anda bisa mengorbankan warna ini. Namun pastikan berlian berkilau karena warna dan kejernihan tidak terlalu berpengaruh pada kilauan.

Potongan

Bukan warna dan kejernihan, namun potongan atau cut yang berpengaruh pada kilauan berlian. Oleh sebab itu, faktor ini harus yang terbaik. Potongan yang presisi dan tepat membuat berlian berkilau dengan indah. Skala potongan berlian terbaik adalah signature ideal. Sedangkan di bawahnya yaitu ideal, very good, good, dan terakhir fair.

harga kalung berlian
harga kalung berlian

Bentuk Berlian

Meskipun tidak seberpengaruh keempat hal sebelumnya, namun bentuk berlian juga cukup berpengaruh pada harga kalung. Pada umumnya, bentuk berlian paling populer yaitu round cut diamond lebih mahal dibandingkan bentuk berlian lain seperti princess cut, oval cut, heart cut, dan lain sebagainya. Hal tersebut lantaran round cut diamond memiliki kecemerlangan dan kilauan yang sangat baik. Selain itu, proses pembuatannya membutuhkan ketelitian tinggi. 

Sertifikat

Ada toko perhiasan yang menawarkan kalung berlian dengan sertifikat, namun ada juga yang tidak menawarkannya. Harganya pasti berbeda meskipun pada kualitas yang sama. Pasalnya sertifikasi membutuhkan penelitian dan biaya. Selain itu, lembaga yang merilis sertifikat biasanya juga berpengaruh pada harga. Lembaga-lembaga sertifikasi kalung berlian yaitu GIA, AGS, EGL, IGI, dan lain-lain.

Logam

Material logam pada kalung menjadi faktor selanjutnya yang mempengaruhi harga. Contoh logam yang sering digunakan adalah white gold, rose gold, yellow gold, dan platinum. Jika memilih logam emas, kadar kemurnian emas mempengaruhi harga. Pasalnya emas berkadar tinggi memiliki keindahan dan kualitas yang baik.

Faktor Pasar

Hal terakhir yang mempengaruhi harga kalung adalah faktor pasar. Kalung berlian sama seperti barang-barang lainnya yang dipengaruhi oleh faktor pasar. Contoh faktor pasar yang berpengaruh yaitu standar harga internasional, jumlah pasokan, dan jumlah permintaan.

Itulah beberapa hal yang mempengaruhi harga kalung berlian di toko perhiasan. Mencari kalung dengan harga terjangkau? Mondial Jeweler adalah pilihannya. Cukup banyak kalung yang ditawarkan untuk Anda dengan kualitas terbaik. Semua faktor di atas dimaksimalkan jadi meskipun terjangkau tapi tetap berkualitas. 

Salah satu koleksi yang direkomendasikan adalah Dreams Collection. Beberapa koleksinya seperti kalung Athena, Kenna, Selene, dan Marlowe adalah pilihannya. Lihat detail setiap kalung di website resmi Mondial Jeweler yaitu mondial jeweler