Cara Stimulasi Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

0
101
Stimulasi Tumbuh Kembang Anak
Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Melihat si Kecil tumbuh besar dengan badan sehat dan perkembangan normal merupakan keinginan semua orang tua. Untuk mendapatkan tumbuh kembang optimal pada pada maka memerlukan stimulasi yang tepat. Stimulasi tumbuh kembang anak setiap fase usianya berbeda. Untuk itu sebagai orang tua hendaklah memberikan stimulasi yang sesuai dengan usia si Kecil.

Periode awal kehidupan, terutama sejak dalam kandungan sampai usia 2 tahun, merupakan fase sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. periode ini adalah masa emas sekaligus fase kritis bagi tumbuh kembang anak. Karena pada fase ini mereka cepat menerima masukan dan pengaruh dari lingkungan.

Untuk mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak pada usia 2 tahun, maka stimulasi yang diberikan harus sesuai dengan tahap usianya. Berikut cara stimulasi tumbuh kembang anak usia 2 Tahun:

Stimulasi Tumbuh Kembang Anak
Stimulasi Tumbuh Kembang Anak
  1. Melibatkan anak secara langsung

Ajaklah anak untuk terlibat ke dalam kegiatan sehari- hari keluarga, seperti membongkar barang belanjaan, mencuci buah, menyiram tanaman, atau kegiatan lainnya di sekeliling rumah. Cara ini tidak hanya bisa mendukung tumbuh kembangnya namun dapat menumbuhkan kemandirian si Kecil.

  1. Biarkan anak bermain

Dalam hal ini hendaknya Bunda menyediakan ruangan yang cukup luas bagi dirinya agar dia bisa bermain dan beraktivitas fisik secara sehat. Ajak anak bermain balok dan membangun menara atau kreativitas lainnya.

  1. Membacakan dongeng dan mengajak ngobrol si Kecil

Dengan membacakan dongeng dan mengajaknya ngobrol dapat membantu si Kecil memperbanyak kosa kata dan dapat membantunya menemukan ide baru sekaligus belajar bahasa.

  1. Mengajarkan anak melakukan rutinitas

Ajarkan si Kecil melakukan rutinitas, termasuk cara melepaskan pakaian, serta bagaimana menggunakan toilet.

  1. Berikan anak makanan sehat

Dalam hal ini sebaiknya pilih sayuran, buah- buahan, cemilan sehat dan susu sesuai dengan usianya. Menjelang usia 2 tahun, anak juga bisa mulai diajarkan minum dengan gelas.

Selain stimulasi, nutrisi juga sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Penuhi nutrisi harian si Kecil dengan DAncow Gum yang dapat membantunya untuk tumbuh kembang optimal.