Cara Mengatasi Jerawat Hormon dengan Sederhana

0
27
cara mengatasi jerawat hormon
cara mengatasi jerawat hormon

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu. Pada kondisi yang parah, jerawat bahkan bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Oleh sebab itu, jerawat harus segera diatasi sebelum menjadi semakin parah. Namun ternyata mengatasi jerawat tidak boleh sembarangan. Anda harus mengatasi jerawat sesuai dengan penyebabnya. Salah satu jenis jerawat yang paling sering dialami wanita adalah jerawat karena hormon. Ada beberapa cara mengatasi jerawat hormon yang bisa dilakukan dengan mudah yaitu:

Jangan Sentuh atau Memecahkan Jerawat

Sama seperti jerawat lainnya, Anda juga tidak boleh menyentuh apalagi memecahkan jerawat hormon. Pasalnya jerawat tersebut cenderung lebih sensitif ketika disentuh. Apabila disentuh atau dipecahkan, jerawat malah bisa menimbulkan bekas yang semakin sulit dihilangkan. Meskipun meradang atau timbul rasa sakit, jangan sentuh atau memecahkan jerawat.

Konsumsi Suplemen Teh Hijau

Ketika jerawat hormon muncul, Anda bisa mengonsumsi suplemen teh hijau. Suplemen tersebut mengandung anti oksidan sehingga bisa meredakan rasa sakit pada bagian jerawat. Selain itu, teh hijau juga bisa memperbaiki kondisi kulit, menyeimbangkan hormon yang menyebabkan jerawat, serta mengatasi peradangan akibat jerawat. 

Gunakan Skincare dengan Kandungan Water-Based

Pemilihan produk skincare juga menjadi kunci kesembuhan jerawat yang Anda rasakan. Disarankan untuk Anda menggunakan skincare dengan kandungan water based. Pasalnya kandungan tersebut memiliki tekstur yang ringan sehingga tidak memperparah kondisi jerawat. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih produk non comedogenic dan non acnegenic.

Gunakan Skincare dengan Kandungan Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan vegan yang dikenal mampu mengatasi masalah jerawat karena hormon. Manfaatnya yaitu mengatasi peradangan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat. Peradangan akibat jerawat yang mulai menghilang lama-lama membuat jerawat juga bisa menghilang.

Jaga Pola Makan

Penyembuhan jerawat harus dioptimalkan dengan pola makan yang tepat. Percuma Anda melakukan berbagai cara mengatasi jerawat hormon namun tidak menerapkan pola makan yang tepat. Hindari makanan mengandung lemak trans dan lemak jenuh, hindari keju dan susu, hindari makanan tinggi gula, dan hindari makanan dengan kemasan plastik. 

Sebagai gantinya perbanyak buah, sayur, dan air putih. Sayur dan buah yang direkomendasikan yaitu yang mengandung vitamin C, A, E, serta mineral seperti zinc. Anda juga bisa mengonsumsi makanan whole grain seperti beras merah dan beras cokelat.

Hindari Skincare yang Mengandung Paraben

Penderita jerawat hormon harus menghindari skincare dengan kandungan paraben. Pasalnya paraben mengandung zat kimia xenoestrogen yang bisa mengganggu hormon. Karena hal tersebut, hormon menjadi tidak seimbang sehingga jerawat bisa semakin parah.

Hindari Skincare Mengandung Parfum

Satu lagi bahan pembuatan skincare yang harus dihindari penderita jerawat hormon yaitu parfum. Jenis parfum terutama parfum artifisial harus dihindari. Kandungan phthalate atau DEHP serta dibutyl phthalate dalam produk skincare mengandung parfum bisa mengganggu sistem endokrin.

Itulah cara mengatasi jerawat hormon yang bisa Anda lakukan. Apabila kulit Anda sensitif, maka pilih produk skincare dengan hati-hati. Salah satu pilihan produk skincare yang aman untuk semua jenis kulit adalah skincare vegan dari BASE. Bahan yang digunakan untuk membuat skincare 100% vegan sehingga aman.

Selain itu, BASE juga bebas dari parfum artifisial, phthalate, dan paraben. Anda bisa melakukan test skin untuk mendapatkan formulasi produk yang tepat. Test skin dilakukan dengan menjawab beberapa pertanyaan. Setelah itu, akan direkomendasikan produk yang tepat untuk Anda. Selengkapnya mengenai produk skincare vegan dari BASE bisa dilihat langsung pada website www.base.co.id.