Berbagai Penyebab Ruam Anak yang Wajib Dikenali

0
39
Ruam anak
Ruam anak

Ruam tidak hanya sering terjadi pada orang dewasa. Faktanya, anak-anak pun sering mengalami ruam kulit. Ruam anak biasanya sering terjadi pada di masa-masa mereka masih menggunakan popok.

Ruam sendiri merupakan reaksi kulit. Penyebabnya pun tergolong banyak. Salah satunya yaitu adanya reaksi kontak dengan iritasi kulit, reaksi alergi, hingga reaksi obat infeksi. Untuk si kecil, yang masih menggunakan popok, biasanya ruam terjadi akibat popok yang kelamaan digunakan atau kotor.

Orangtua wajib mengetahui gejala-gejala dari ruam kulit si kecil. Tujuannya agar ruam tidak menyebabkan kondisi-kondisi yang menyebabkannya menjadi lebih parah. Dengan mengenali gejalanya, Anda bisa mengatasinya dengan mudah dan juga cepat.

Kenali juga bagaimana penampilan dan juga lokasi ruam dari si kecil. Tujuannya sebagai bahan perrimbangan agar Anda bisa mengukur seberapa berbahayanya ruam tersebut dan juga bagaimana cara penanganannya.

Ruam anak
Ruam anak

Ruam kulit pada anak juga bisa disebabkan juga oleh virus. Namun virus tersebut tidak membahayakan anak. Jadi Anda tidak perlu khawatir, namun Anda tetap harus memperhatikannya dan membawanya ke dokter untuk mengetahui kondisinya.

Ruam pada kulit si kecil juga bisa disebabkan oleh cacar air, eksim, keratosis pilaris, dan masih banyak kondisi lainnya. Jika Anda tidak bisa menyimpulkannya, Anda bisa memeriksakan si kecil ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis ruam si kecil.

Jika sudah mulai timbul ruam, Anda harus melakukan beberapa hal penting untuk melakukan pencegahan dan pengobatan dini. Anda bisa mengobatinya di rumah dengan cara sederhana maupun menggunakan obat-obat khusus untuk ruam.

Hindari juga beberapa hal yang dapat menyebabkan alergi kulit. Biasanya, ruam dan alergi terjadi karena sabun, bahan kimia, perhiasaan, hingga popok si kecil yang dibiarkan tidak diganti atau dibersihkan.

Jika ruam tidak sembuh-sembuh, maka Anda harus mengunjungi dan memeriksakan ruam tersebut ke dokter. Tujuannya agar si kecil bisa mendapatkan pengobatan yang tepat untuk kondisi tersebut.

Demikian informasi seputar penyebab-penyebab ruam anak. Tujuannya agar Anda bisa mengatasinya di rumah. Jika sakit berlanjut, Anda harus membawa si kecil dan memeriksakannya ke dokter. Dengan begitu, ruam pada kulit si kecil bisa sembuh secara optimal.