7 Jenis Potongan Cincin Berlian untuk Pernikahan

0
32
cincin berlian

Berlian sudah menjadi batu permata untuk perhiasan sejak dahulu kala. Keindahan dan kekuatannya menjadi alasan mengapa batu permata ini begitu populer. Selain itu, sejak abad ke-15, berlian sudah digunakan sebagai simbol cinta dan komitmen. Tidak heran apabila hingga kini banyak pasangan yang memilih cincin berlian sebagai cincin nikah atau cincin tunangan.

Berlian yang dijadikan sebagai simbol cinta tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan. Sifatnya yang abadi karena tidak mudah rusak menjadi alasan utama mengapa batu ini dijadikan sebagai simbol cinta. Jika berminat mencari cincin nikah berlian, Anda perlu mengetahui beberapa jenis potongan yang biasa digunakan. Apa saja? Berikut di antaranya:

cincin berlian
cincin berlian
  • Princess Cut

Princess cut memiliki ciri khas potongan berbentuk kotak. Potongan tersebut bisa membuat berlian berkilau dengan begitu indahnya pada bagian sudut dan tengah. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa princess cut menjadi populer dan disukai banyak pasangan. Ukurannya memang tampak lebih besar, namun harga cincin dengan potongan princess cut lebih terjangkau dibandingkan potongan lainnya.

  • Cushion Cut

Meski lebih populer dengan nama berlian cushion cut, potongan berlian ini juga sering disebut dengan pillow cut. Hal tersebut tidak lain lantaran bentuknya yang nampak seperti bantal. Beberapa orang menganggap cushion cut tampak vintage atau antik, namun kini mulai populer kembali dan disukai oleh banyak orang.

  • Marquise Cut

Marquise cut merupakan jenis potongan berlian yang tampak memanjang atau berbentuk elips. Pada kedua ujung berlian berbentuk lancip sehingga tampak indah dan lentik di jari tangan Anda. Berdasarkan beberapa sumber, marquise cut sudah ada sejak jaman Raja Louis XV berkuasa. Ia mengutus seorang ahli perhiasan untuk membuat potongan berlian menyerupai bibir selir kesayangannya.

  • Pear Shaped

Cincin berlian asli dengan potongan pear shape merupakan idaman semua wanita yang akan menikah. Layaknya nama yang disematkan, bentuk berlian dari jenis potongan ini tampak seperti buah pir atau air mata. Bentuknya yang memanjang dan runcing pada bagian ujung membuat jari yang memakai cincin tersebut terlihat ramping.

  • Round Cut

Round cut atau berlian dengan potongan bulat adalah jenis yang paling umum dan populer. Selain dikenal dengan nama round cut, jenis potongan ini juga dikenal dengan nama old European cut atau potongan Eropa kuno. Salah satu alasan berlian round cut populer adalah kilauannya yang sangat indah.

  • Oval Cut 

Ingin mendapatkan cincin dengan potongan klasik sekaligus modern? Cobalah untuk mempertimbangkan jenis potongan oval cut. Potongan berlian ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1950-an dan masih saja populer hingga sekarang. Kilauan yang dihadirkan dari berlian oval cut mampu menyempurnakan pesta pernikahan Anda.

  • Emerald Cut

Jenis potongan berlian terakhir yang bisa Anda pilih adalah emerald cut. Karakteristik emerald cut yaitu memiliki bentuk yang agak pipih, berbentuk persegi panjang, serta memiliki sudut yang tumpul. Dibandingkan dengan potongan lain, emerald cut memang dianggap kurang bercahaya. Namun kelebihannya yaitu mampu memancarkan kejernihan secara konstan.

Itulah 7 jenis potongan cincin berlian yang bisa Anda pilih sebagai cincin nikah. Ingin mendapatkan cincin nikah terbaik? Anda bisa membelinya di Mondial Jeweler. Toko perhiasan satu ini tergabung dalam CMK Group dari PT Central Mega Kencana. Jadi Anda tidak perlu meragukan kredibilitas dan keasliannya. Banyak pasangan yang membeli cincin nikah di toko ini untuk hari bahagianya. Apabila tertarik membelinya, Anda bisa melihat koleksi yang dihadirkan terlebih dahulu di website mondialjeweler.com.