6 Jenis Digital Marketing yang Paling Berpengaruh

0
144
digital marketing

Membangun bisnis di era modern ini membutuhkan strategi terbaru yang bisa lebih menghasilkan. Dibanding strategi marketing konvensional, strategi digital marketing saat ini jauh lebih diminati. Pasalnya, pemasaran digital dipercaya lebih sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Selain itu, teknik pemasaran tersebut juga diyakini mampu mendatangkan hasil yang lebih maksimal.

Istilah pemasaran digital diartikan sebagai upaya memperkenalkan suatu brand atau produk dengan media digital, perangkat elektronik hingga internet. Jaringan internet yang sangat luas menjadikan bisnis lebih mudah dikenal tanpa batasan jarak dan waktu. Konten promosi juga tidak lagi berupa media cetak, melainkan konten dengan media yang lebih interaktif. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut penjelasan dari beberapa jenis pemasaran digital yang paling berpengaruh.

  • Social Media Marketing

Penggunaan media sosial tidak pernah lepas dari pembahasan mengenai strategi digital marketing. Jenis pemasaran digital yang satu ini merupakan yang paling mudah digunakan, sekalipun bagi pebisnis pemula. Pasalnya media sosial sudah menjadi satu kebutuhan penting bagi hampir semua orang di masa sekarang ini. Media sosial juga menjadi tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai kalangan dan daerah. Karena itulah, social media marketing merupakan salah satu strategi yang saat ini paling berpengaruh.

  • Creative Content Marketing

Berbicara tentang creative content marketing sebenarnya juga sudah termasuk dalam social media marketing. Akan tetapi, jenis yang satu ini sering difokuskan di luar penggunaan media sosial. Jadi creative content marketing ini mengacu pada konten promosi di platform lain seperti website dan podcast. Konten yang dibuat tidak harus selalu berisi ajakan untuk melakukan transaksi. Strategi ini juga sesekali harus dilakukan dengan menampilkan hal yang bermanfaat dan disukai target pasar.

  • Search Engine Optimization

Jenis digital marketing yang satu ini lebih spesifik pada website maupun blog. Search engine optimization dimaksudkan sebagai cara optimasi sebuah konten berupa tulisan agar dapat muncul di halaman utama pencarian di internet. Untuk bisa mewujudkannya, konten harus disusun sedemikian rupa sesuai kaidah SEO serta harus menerapkan beberapa kriteria khusus. Strategi pemasaran digital ini tetap banyak digunakan pebisnis masa kini di samping penggunaan video marketing serta social media marketing yang semakin marak.

  • Influencer Marketing

Influencer marketing adalah jenis dari pemasaran digital yang masih berkaitan erat dengan penggunaan media sosial. Pada tokoh yang memiliki banyak pengikut di media sosial, sebuah brand atau produk bisa semakin dikenal secara luas. Umumnya terdapat tarif khusus yang harus dikeluarkan untuk memanfaatkan strategi influencer marketing. Akan tetapi, hasil yang didapatkan bisa sangat besar dan menjanjikan.

  • Email Marketing

Penggunaan email sudah termasuk dalam kebiasaan masyarakat di era modern ini. Melihat dari kenyataan tersebut, email akhirnya menjadi salah satu media terbaik untuk memperkenalkan produk atau brand. Dalam digital marketing, database email pelanggan merupakan bekal yang sangat penting. Kemudian database tersebut akan diberikan informasi secara rutin berkaitan dengan sebuah produk yang diharapkan bisa meningkatkan jumlah pembelian.

  • Affiliate/Dropship/Marketer

Affiliate, dropship dan marketer merupakan beberapa istilah yang digunakan untuk menyebut pihak yang membantu penjualan sebuah produk. Penggunaan jasa affiliate, marketer atau dropship menjadi strategi pemasaran digital yang sekarang banyak dilakukan. Umumnya terdapat ketentuan khusus untuk tugas posisi tersebut serta perhitungan keuntungan tersendiri.

Sudah menjadi sebuah keharusan bahwa pebisnis sekarang harus menguasai berbagai strategi dan teknik digital marketing. Jika menemui kendala dalam menerapkan strategi tersebut, Anda bisa mempercayakannya pada Ideoworks.