Wisata Tangkuban Perahu Yang Melegenda

0
730

Tempat wisata mempesona Tangkuban Perahu yang memiliki kisah legenda seorang laki-laki bernama Sangkuriang yang gagal memenuhi janji kepada wanita yang ia cintai yang tak lain adalah ibu kandungnya sendiri yaitu Dayang Sumbi ,untuk membuatkannya perahu dalam satu malam .Karena kesal janjinnya tidak dapat ia penuhi,kemudian Sangkuriang pun menendang perahu tersebut hingga terbalik . Legenda tersebut adalah cikal bakal terciptanya nama Tangkuban Perahu ,perahu terbalik yang juga dalam bahasa sunda tangkuban perahu.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan tempat wisata Bandung yang menyuguhkan panorama pemandangan yang memanjakan mata .Gunung Tangkuban Perahu terletak di daerah Lembang dan termasuk salah satu gunung di Jawa Barat dengan ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut.

Selain pemandangannya yang mempesona, Kawah yang terdapat pada Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu yang menjadikan Gunung Tangkuban Perahu juga begitu sangat mempesona bagi para pengunjung yang datang. Ada tiga kawah utama di Gunung Tangkuban Perahu yaitu,Kawah Paguyangan Badak,Kawah Upas dan Kawah Ratu yang masing-masing memiliki umur yang sangat tua yakni di perkirakan terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu.

Gunung Tangkuban Perahu juga termasuk gunung berapi yang aktif dan masih diawasi oleh DVI (Direktorat Vulkanologi Indonesia).Kawah-kawah yang terdapat disana masih menunjukan keaktifan gunung tersebut dan beberapa tanda diantaranya munculnya sumber air panas dan gas belerang.

Para pakar Geologi menyatakan adanya sebuah telaga yang sangat besar ,yang sekarang menjadi kawasan Bandung dan di yakini kawasan tinggi di Bandung dengan ketinggian kurang lebih 700 m dari permukaan laut merupakan sisa-sisa dari sebuah danau yang sangat besar yang di akibatkan oleh terbendungnya Ci Tarum karena letusan Gunung Sunda pada jaman purba dan terbentuklah Tangkuban Perahu dari sisa gunung tersebut.

Jarak tempuh untuk menikmati panorama tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu dari Kota Bandung sekitar kurang lebih 25 km melewati pintu tol Pasteur.Infrastruktur daerah menuju Tangkuban Perahu sangat baik sehingga memudahkan kita untuk dapat tiba di Lembang Bandung,meskipun terkadang pada hari libur dan akhir pekan akan sedikit sesak kendaraan karena ramai pengunjung .

Udara Lembang yang dingin dengan perkebunan teh yang terhampar luas dan deretan pohon-pohon pinus menjadikan Gunung Tangkuban Perahu sangat begitu indah dan tak ayal,tempat wisata yang satu ini begitu sangat ramai di kunjungi pada akhir pekan dan hari libur.