Tips Mengolah Menu Makanan Bayi 6 Bulan Agar Semakin Optimal

0
74
menu makanan bayi 6 bulan

Bubur merupakan MPASI yang bagus untuk si kecil. Makanan ini sangat tepat diberikan kepada si kecil agar mereka bisa tumbuh kembang dengan sempurna. Namun, untuk mengoptimalkan menu makanan bayi 6 bulan, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih bahan dan mengolahnya.

Nah, berikut akan kami paparkan tips mengolah bubur yang tepat agar bergizi dan bagus untuk tumbuh kembangnya.

menu makanan bayi 6 bulan
Menu makanan bayi 6 bulan
  1. Masak Secara Benar

Memasak bahan-bahan untuk makanan bayi harus dilakukan secara benar dan optimal. Kenapa demikian, karena bahan makanan tidak boleh dimasak secara over cook atau berlebihan. Jika terlalu lama Anda memasaknya, maka kandungan nutrisinya akan hilang.

Cara yang tepat adalah, Anda cuci terlebih dahulu sayuran yang akan diolah. Kemudian, silahkan Anda kukus atau rebus. Pastikan tidak terlalu lama, contoh sayuran hijau, jangan sampai warna hijaunya hilang dan pucat. Hal ini berlaku juga untuk daging dan ikan, ya.

  1. Jangan Menggunakan Garam dan Gula Pada Bubur

Buatlah bubur tanpa bahan-bahan penyedap rasa. Baik itu garam, gula, dan penyedap-penyedap lainnya. Daripada menggunakan penyedap, alangkah baiknya Anda gunakan saja bawang merah dan bawang putih untuk menambahkan rasa pada makanan anak-anak.

Umumnya anak-anak baru mengenal rasa pada usia 7 atau 8 bulan. Namun, jika si kecil susah makan, Anda bisa menambahkan sedikit garam. Sedangkan untuk gula, sebaiknya Anda batasi, ya.

  1. Bahan-Bahan Harus Dipastikan Matang

 Anda harus membuat bubur yang Anda buat matang. Pastikan semua bahan-bahannya matang secara sempurna. Namun tetap pastikan semua bahan-bahan, khususnya sayuran yang Anda gunakan, tidak terlalu overheat sehingga merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

Selain overheat, pastikan juga makanan yang Anda buat tidak setengah matang. Karena, makanan yang setengah matang, dikhawatirkan masih mengandung salmonella typhosa, sejenis kuman yang tidak bagus untuk sistem pencernaan si kecil. Selain itu, kuman tersebut juga tidak bagus untuk kekebalan tubuh mereka.

Nah, itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan saat Anda membuat menu makanan bayi 6 bulan. Bagaimana, mudah bukan? Pastikan Anda mengetahui semua tips-tips di atas agar pembuatan bubur bayi tidak hanya sekedar lezat dan disukai oleh si kecil. Juga menanggung gizi dan nutrisi.