Tips Memilih Sarung Tangan Motor Yang Tepat

0
87
sarung tangan kulit berkualitas
sarung tangan kulit berkualitas produk garut murah

Sarung tangan adalah salah satu penerapan dalam safety riding dalam mengendarai motor, yang fungsinya sebagai pelindung pada bagian jari, pergelangan, dan telapak tangan dari cuaca ekstrim dan dari insiden saat berkendara seperti terjatuh dan kecelakaan. Namun kualitas dari sebuah sarung tangan motor juga mempengaruhi dalam safety riding. Jika kualitasnya jelek maka tidak bisa dipakai sebagai pelindung. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat anda memilih sarung tangan motor.

sarung tangan motor kulit asli
sarung tangan motor kulit asli produksi jayuwan murah berkualitas

A. Keoptimalan Sarung tangan

1. Pilih sarung tangan dengan menyesuaikan peruntukkannya, karena beda kegunaan, maka beda pula jenis bahan dan bentuknya.

2. Pilih sarung tangan dengan ukuran paling pas, jangan terlalu sempit dan terlalu longgar

3. Pilih sarung tangan dengan kualitas bahan serta pengerjaan yang bagus, karena kualitas akan menentukan kemampuan perlindungannya.

4. Perhatikan keberadaan serta kekuatan bantalan-bantalan pengaman, baik pada permukaan telapak tangan, ruas jari serta bahu tangan.

5. Pilih sarung tangan yang nyaman untuk digunakan dengan menggerakkan jari serta pergelangan tangan dan pastikan tidak ada rasa sakit akibat terjepit.

B. Jenis Bahan Dasar Sarung Tangan

1. Berbahan kulit

Pertama kali dibuat, sarung tangan bikers menggunakan bahan kulit. Kini telah beredar dengan ratusan desain dan kualitas. Semakin mahal harganya, tentu saja semakin terjamin kualitas serta fungsinya. Kelebihan sarung tangan kulit adalah selain nyaman digunakan bahan ini memiliki kemampuan ekstra soal perlindungan terhadap gesekan. Kekurangannya adalah tidak anti air dan gampang mengkerut. Kesalahan perawatan bisa mengakibatkan bau tidak sedap serta kerusakan sarung tangan bahan kulit itu sendiri.

2. Berbahan Tekstil

Lebih diorientasikan kepada kemampuan perlindungan terhadap cuaca seperti hujan. Jenis bahan yang digunakan baisanya berupa kain parasut ballistic nylon serta kevlar. Kelebihan bahan tekstil yang utama adalah sangat nyaman digunakan dan banyak yang anti air. Selain itu lebih bercorak dengan ragam pilihan warna serta desain karena fleksibilitas bahannya. yang tak kalah penting adalah tidak menimbulkan bau tidak sedap. Kekurangannya adakah tidak tahan terhadap gesekan jika tidak didukung komponen bantalan pelindung.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda memilih sarung tangan motor, jika pemilihan tepat safety riding akan berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi ayo gunakan sarung tangan agar berkendara anda tetap aman dan nyaman.