Tips Ini Perlu untuk Diketahui Sebelum Beli Rumah KPR

0
226
Sebelum Beli Rumah KPR

Sebelum Beli Rumah KPR

Pernah mendengar program sejuta rumah? Program ini merupakan program dari pemerintah yang diupayakan guna memenuhi kebutuhan akan hunian pribadi bagi masyarakat kelas menengah ke bawah yakni dengan meluncurkan rumah KPR perumnas. Apa itu KPR? KPR merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah, di mana program ini menyasar pada MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat mewujudkan memiliki hunian impian dengan harga murah.

Seperti yang kita ketahui, harga tanah sekarang kian melambung tinggi terutama di kawasan perkotaan. Hal ini membuat masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah menjadi kesulitan untuk bisa mendapatkan rumah sendiri. Alhasil, hanya orang-orang dengan ekonomi yang sudah mapan saja yang mampu membeli rumah. Nah untuk itulah maka rumah KPR hadir memberikan jawaban tepat di tengah-tengah masyarakat, di mana dalam program ini MBR diberikan kesempatan yang sama untuk bisa memiliki hunian pribadi dengan harga yang murah. Nah jika Anda tertarik untuk mengajukan hunian KPR ini, maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

-Pastikan bahwa hunian yang akan di beli memiliki kelengkapan surat dan dokumen penting. Jika Anda membeli hunian KPR dari perseorangan maka pastikan bahwa sertifikat tanah dan lain-lainnya sudah lengkap. Sama halnya jika Anda membeli rumah dari pihak developer maka pastikan bahwa surat izin dan kelengkapan administrasi rumah tersedia.
-Kenali reputasi pihak penjual, baik itu perseorangan atau pun pihak developer. Hal ini penting agar Anda tidak terjebak dalam kasus penipuan.

-Hindari melakukan transaksi di bawah tangan. Maksudnya adalah, jika rumah yang akan dibeli statusnya masih dijaminkan di bank tertentu, maka sebaiknya alihkan kredit pembayaran ke bank yang bersangkutan. Jangan lupa juga untuk membuat akta jual beli secara sah di depan notaris, jangan hanya berdasarkan kuitansi biasa karena bank yang kredibel dan punya reputasi tentunya tidak melakukan transaksi hanya dengan kuitansi biasa.

Nah itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan kaitannya dalam transaksi membeli hunian KPR. Salah satu rumah KPR yang berkualitas, murah, dan lokasinya berada di tempat strategis ada di Perumnas.

Tinggalkan Balasan