Tips cara membeli saham bagi pemula

0
540
membeli saham
membeli saham

Sebagian investor ataupun pengusaha yang mempunyai pengalaman dalam bidang jual beli saham mungkin akan sangat mudah untuk membeli saham ataupun menjualnya kembali. Terus bagaimana dengan seorang pemula yang ingin membeli saham tersebut. Oleh karena itu disini akan di jelaskan cara membeli sebuah saham dari bursa efek. Berikut ini akan di jelaskan tips dalam membeli sebuah saham yang sering di lakukakan secara umum oleh para investor :

  1. Membeli pada saat terjadi Penawaran saham perdana

Yang di maksud penawaran saham perdana ialah membeli pada saat pasar perdana (penawaran umum). Apabila anda ingin membeli sebuah saham pada masa perdana ini, anda bisa mengisikan formulir pemesanan pembelian saham ( FPPS) yang terdapat di agen – agen penjual saham, setelah itu mengirimkan kembali formulir tsb yang di lengkapi dana pada alamat yang tercantum di formulir.

 

  1. Membeli sebuah saham yang sudah beredar luas

Maksudnya adalah fungsi penting dari keberadaan bursa efek yang ada di indonesia yakni untuk mempermudah jual beli saham yang sudah tersedia dalam jaringan perdagangan efek yang sudah tercatat di bursa.

 

Dalam peraturan yang berlaku di seluruh indonesia, penjualan saham di bursa efek ataupun jual beli saham haruslah memakai perantara perusahaan efek. Dengan kata lain investor yang ingin membeli sebuah saham tidak bisa membeli secara langsung dengan penjual saham. Ketika anda memberikan pesanan untuk menjual sebuah saham kepada pialang. Pada waktu itu anda dapat meminta bantuan pialang anda untuk mencarikan harga yang terbaik dalam penjualan tersebut. Jangan lupa pula agar pembeli dan penjual sama – sama melakukan negosiasi terlebih dahulu.

 

Demikianlah tips cara membeli sebuah saham untuk pemula.