Tips Aman Pengiriman Barang Lewat Laut dan Sampai Ditujuan

0
559

Saat ini banyak sekali jasa pengiriman barang, baik pengiriman barang via darat, laut bahkan udara. Hal ini mebuat para pengguna jasa pengiriman barang semakin memiliki banyak pilihan, tentunya para produser yang membutuhkan jasa perjalanan ini tentu akan memilih perusahaan pengiriman yang memberi jaminan kepuasan dalam pengiriman barang sampai di tujuan tepat waktu serta dalam kondisi utuh. Jika anda akan mengirim barang dengan jumlah yang banyak ke luar daerah bahkan ke luar negeri tentu anda akan menggunakan jasa pengiriman barang lewat laut, namun ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk keaman barang samapai di tujuan dengan utuh. Berikut tips aman pengiriman barang.

–          Pastikan dokumen-dokumen pengiriman barang anda lengkap

Dokumen pengiriman barang penting anda perhatikan ke komplitannya, apalagi pengiriman ke luar negeri karena hal sangat penting untuk urusan perijinan dalam pengiriman barang. Dokumen yang harus anda miliki diantaranya :

  • Shipping Instruction (SI), dokumen ini adalah perintah pengapalan dari pengirim kepada perusahaan Freight forwarder.
  • Invoice, yaituh dokumen yang memuat data-data barang kiriman berisi barang berharga.
  • Packing List, dokumen ini memuat data-data barang kirimana yang menerangkan jenis barang, berat, ukuran serta jumlah barang.
  • Airwaybill, adalah surat jalan yang disediakan oleh perusahaan pengiriman barang, yang berisi nama serta alamat pengirim barang, nama dan alamat penerima, jumlah berat, tanggal transaksi, tanda tangan pengirim dan penyedia  jasa pengiriman.

 

–          Sesuaikan packing

Packing adalah wadah atau tempat dibagian luar barang untuk melindungi barang kiriman agar tidak rusak. Banyak jenis packing yang biasanya disediakan oleh jasa pengiriman ada yang berupa box karton, palet kayu/triplek, plastik maupun strofoam. Sesuaikan packing dengan barang yang anda kirim agar aman sampai di tujuan, dan biasanya packing akan masuk lagi kedalam kontener untuk membuat barang anda jauh lebih aman.

 

–          Jasa pengiriman terpercaya

Ini yang terpenting pastikan anda memilih perusahaan pengiriman barang yang sudah memiliki banyak pelanggan, ini artinya perusahaan ini sudah teruji dan aman untuk pengirman barang anda.

 

Semoga tips di atas berguna bagi anda yang akan melakukan pengiriman barang lewat laut, sehingga barang anda aman sampai tujuan serta tidak mengalami kerusakan.