Tindakan Pencegahan untuk Menghindari Feline Calicivirus Pada Kucing

0
88
calicivirus pada kucing
calicivirus pada kucing

Feline calicivirus (FCV) dikenal dengan penyakit yang menyerang pernapasan. Gejala yang muncul di tahap awal mirip dengan flu. Namun karena menyerang saluran pernapasan, feline calicivirus pada kucing bisa membuat kucing kesulitan untuk bernapas. Beberapa gejala lain penyakit ini yaitu hidung dan mata berair, sariawan, radang gusi, susah makan karena mulut sakit, demam tinggi, dan yang paling berbahaya adalah kematian.

Meskipun berawal dari gejala yang sepertinya tidak bisa menyebabkan kematian. Namun jika dibiarkan feline calicivirus juga bisa menyebabkan kematian. Daripada menerima risiko yang tinggi tersebut, akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan. Berikut ini tindakan pencegahan yang bisa dilakukan:

 Vaksinasi

Langkah terpenting yang harus Anda ambil untuk melindungi kucing dari feline calicivirus adalah memberikan vaksinasi. Saat ini memang ada vaksin yang bisa membantu meminimalisir risiko virus, termasuk feline calicivirus

Dokter biasanya menyarankan empat vaksin inti yaitu feline calicivirus (FCV), rabies virus (RV), feline herpes virus (FHV), dan feline panleukopenia virus (FPV). 

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk pemberian vaksin tambahan selain empat vaksin inti tersebut. Pasalnya vaksin tambahan disesuaikan dengan lokasi, gaya hidup, usia, dan kekebalan tubuh kucing.

calicivirus pada kucing
calicivirus pada kucing

Memberikan Makanan Bernutrisi dan Multivitamin

Meningkatkan daya tahan tubuh kucing juga menjadi salah satu cara mencegah feline calicivirus. Bukan hanya dengan vaksin saja, Anda juga harus meningkatkan daya tahan tubuh anabul dengan memberikan makanan bernutrisi serta multivitamin. Vitamin C dan D merupakan dua jenis vitamin paling penting untuk kucing.

Memisahkan Kucing Terinfeksi

Feline calicivirus bisa menular melalui air liur, cairan yang muncul dari hidung serta mata, dan lain sebagainya. Jika ada kucing yang menderita feline calicivirus, sebaiknya segera pisahkan mereka. Jadi kucing yang masih sehat tidak akan terinfeksi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, tempat makan, serta tubuh kucing.

Itulah tindakan pencegahan untuk menghindari feline calicivirus pada kucing yang dapat Anda lakukan. Rekomendasi makanan bernutrisi untuk anabul Anda adalah makanan dari Royal Canin. Sesuaikan pilihan makanan dengan ras dan usia kucing. Informasi lengkapnya bisa dilihat di website Royal Canin yaitu www.royalcanin.com