Tentang Kacang Hazel dan Manfaat Anak Rutin Mengkonsumsinya

0
105
kacang hazel

Menurut sejarah, kacang hazel berasal dari China. Namun beberapa sumber lain juga menyebutkan bahwa salah satu jenis kacang yang baik untuk tubuh dan perkembangan otak anak ini awalnya tumbuh di Turki.

Kacang hazel atau hazelnut memang awalnya dihasilkan oleh pohon hazel yang hanya bisa tumbuh di negara yang memiliki 4 musim.Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini hazelnut juga sangat mudah didapatkan di negara tropis seperti di Indonesia. 

Bahkan sudah banyak olahan kuliner tanah air yang menggunakan hazelnut sebagai bahan baku pembuatannya. Selain rasanya yang nikmat, hazelnut juga memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, kacang hazel memiliki berbagai fakta unik, lho! Diantaranya yaitu:

  • Memiliki nama ilmiah Corylus avellana.
  • Berasal dari benua Asia.
  • Pohon penghasil hazelnut kini banyak dibudidayakan oleh banyak negara seperti Amerika dan Inggris.
  • Kulit atau cangkang hazelnut bisa dikonsumsi.
  • Memiliki rasa yang manis
  • Hazelnut banyak digunakan sebagai pendamping coklat di dalam kuliner.

Manfaat Hazelnut

Kacang hazelnut mengandung banyak nutrisi seperti lemak sehat omega 3, 6, dan 9, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, B1, B6, folat, magnesium, kalium, zinc, fosfor, zat besi, dan antioksidan berupa senyawa fenol dan proanthocyanidins.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti:

  • Antioksidan

Kandungan senyawa fenol mampu membuat hazelnut bersifat sebagai antioksidan alami. Antioksidan ini sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas serta dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan sel organ tubuh.

  • Mencegah kolesterol

Senyawa fitosterol yang terkandung pada kacang ini memiliki sifat yang mirip dengan kolesterol sehingga dengan alami dapat melawan kolesterol di dalam darah. 

Selain itu, magnesium dan tembaga pada hazelnut juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

  • Nutrisi untuk otak

Selain dapat menangkal radikal bebas, antioksidan dan relaxan alami pada kacang ini juga bermanfaat bagi kesehatan dan membantu fungsi saraf otak.

Karena itu, mengkonsumsi hazelnut secara rutin dapat memberikan manfaat yang efektif bagi kesehatan otak.

Itulah dia sekilas informasi terkait kacang hazel hingga beberapa manfaat dari rutin mengkonsumsinya. Jika si Kecil ingin mendapatkan manfaat dari kacang ini, Anda bisa memberinya Kinder Joy sekarang juga.

Selain bermanfaat bagi tubuh, rasa dari Kinder Joy juga sangat disukai oleh anak. Dengan begitu, si Kecil bisa terpenuhi kebutuhannya dengan cara yang menyenangkan.