Sebab Sederhana Haid Tidak Teratur

0
102
haid tidak teratur
haid tidak teratur

Haid tidak teratur sering kali terjadi pada kaum hawa, dalam hal ini tentunya bukan tanpa sebab. Ada hal yang melatar belakanginya terjadinya haid yang tidak teratur tersebut. dalam hal ini biasanya kebanyakan dari mereka akan kebingungan, padahal biasanya ini hanyalah masalah sederhana yang menjadikan hal tersebut terjadi.

Yuk kita lihat disini mengenai sebab haid tidak teratur

Stress Yang berlebihan

Ketika Anda menjalankan rutinitas sehari hari baik itu Anda di rumah ataupun berada di tempat kerja sekalipun hal tersebut tidaklah hanya menghabiskan energy secara fisik saja. Namun tanpa disadari energy kita untuk berfikirpun juga akan terkuras karena  sesederhana memikirkan hal-hal yang kecil terlebih kalau Anda tiba-tiba saja ada masalah. Pastinya dalam hal ini selain Anda terkaget tidak karuan juga akan memikirkan solusinya bagaimana.

haid tidak teratur
                                                                           haid tidak teratur

Jika hal tersebut Anda biarkan menumpuk secara terus menerus, maka ini akan dapat memicu munculnya stress yang berlebihan di dalam diri. Pada saat tubuh sedang mengalami stress, maka ini akan menyebabkan kadar hormone kortisol akan semakin meningkat. Dengan adanya kenaikan kadar hormon tersebut maka ini dapat mempengaruhi produktivitas hormon reproduksi yang dalam hal ini mengatur siklus menstruasi kita.

Hasilnya dari sini pelepasan sel telur atau dalam hal ini disebut dengan ovulasi menjadi tidak normal dan kemudian akan memiliki dampak pada ketidak teraturan siklus haid wanita.

Pola hidup yang tidak sehat

Ini tentunya juga sangat penting untuk para kaum wanita. Biasanya pola hidup yang tidak sehat akan berdampak tidak baik untuk haid pada wanita. Pilih makanan yang akan Anda konsumsi dan pastinya harus konsumsi makanan yang sehat jangan yang instan. Jika pola hidup yang kita jalankan tidak sehat maka ini akan menyebabkan haid tidak teratur. 

Penggunaan alat kontrasepsi

Kini untuk Anda yang menggunakan alat kontrasepsi maka juga perlu mengetahui bahwa ternyata pemakaian alat kontrasepsi itu baik pil KB, jarum suntik, atau spiral bisa menjadikan siklus haid yang terjadi tidak lancar perubahan siklus haid ini biasanya yaitu berupa flek yang terjadi diantara siklus haid kira. Dalam hal ini Anda tidak perlu memakai alat kontrasepsi yang biasanya menyebabkan nyeri perut dan mempengaruhi banyak sedikitnya volume darah yang keluar ada pada saat haid.

Itulah beberapa sebab sederhana haid tidak teratur hal tersebut tentunya perlu untuk Anda antisipasi dari awal, untuk informasi yang lebih lengkap bisa di femometer.co.id.