Terong balado merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Namun begitu enaknya masakan tersebut sangat cocok untuk lidah seluruh penduduk nusantara. Bahkan masakan ini tidak jarang dinikmati sampai di luar negeri, Bahan utamanya adalah terong yang sangat mudah dijumpai. Bumbu balado menjadi salah satu citarasa khas Indonesia dengan rasa pedasnya sebagai ciri utamanya. Bahan baku yang begitu mudah ditemukan membuat siapa saja bisa mencoba untuk membuatnya. Resep masakan enak, sambal balado bisa menjadi alternative anda dalam menyajikan masakan untuk keluarga di rumah. Berikut ini resep masakan ala padang dengan proses yang praktis menghasilkan masakan yang lezat.

Bahan baku yang perlu disiapkan dalam membuat terong balado adalah 4 buah terong warna unggu, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 5 cabe keriting (sesuaikan dengan selera anda), 10 cabe merah, 2 buah tomat serta garam dan gula secukupnya. Siapkan bahan baku dan bumbu tersebut di meja dapur anda. Setelah itu iris terong menjadi empat bagian dengan dengan posisi memanjang. Kemudian digoreng sampai matang. Usahakan sebelum menggoreng rendam irisan terong dalam air agar tidak berubah warna. Bawang merah dan bawang putih dikupas. Haluskan dengan cara diulek bersamaan dengan cabe merah dan cabe kriting, jangan lupa tambahkan gula dan garam.

Halusan tersebut kemudian tumis dengan minyak yang sudah panas hingga tercium bau wangi. Setelah itu masukkan terong tadi yang sudah digoreng, kemudian aduk hingga rata. Jangan lupa untuk menambah sedap masakan terong balado anda tambahkan produk NICI (Nestle Indofood Citarasa Indonesia). Anda dapat menambahkan Indofood sambal balado agar menambah citarasa balado pada resep masakan enak, terong balado yang anda buat. Tambahkan sesuai dengan selera yang diinginkan. Kemudian sajikan masakan dan santap bersama dengan keluarga anda. Masakan terong balado ini sangat sederhana dan mudah untuk dibuat. Dalam waktu kurang lebih 20 menit anda bisa mencicipi kenikmatan terong balado masakan asli Indonesia.