Pola Asuh Anak yang Menyenangkan Agar Tumbuh Disiplin

0
46
pola asuh anak
pola asuh anak

Disiplin adalah karakter penting yang harus dibangun sejak mereka masih kecil. Anak yang disiplin biasanya juga memiliki karakter lain seperti bertanggung jawab, mandiri, dan berani. Karakter ini nantinya juga akan membantu ketika mereka dewasa baik itu di sekolah atau di tempat kerja. Langsung saja, berikut ini adalah pola asuh anak yang menyenangkan agar mereka bisa tumbuh dengan disiplin:

Disiplin dengan Hal yang Disukai

Bunda bisa mengajarkan disiplin dengan hal-hal yang mereka sukai misalnya mainan. Hal ini biasanya cukup efektif karena mereka tertarik dengan apa yang disukainya tersebut. Sebagai contoh yaitu Bunda bisa memberikan mainan yang mereka sukai ketika sudah mengerjakan PR atau pekerjaan lainnya. Apabila si kecil tidak mengerjakan PR, maka Bunda bisa menyita mainan yang disukainya.

pola asuh anak
pola asuh anak

Memberikan Tugas Kecil

Memberikan tugas pada si kecil bisa membantu menumbuhkan rasa disiplin dan tanggung jawab. Meskipun pekerjaan mereka tidak serapi pekerjaan Bunda, namun hal tersebut sudah bisa membangun karakter mereka. Sebagai contoh yaitu minta si kecil untuk membawa piring mereka sendiri ke tempat cuci piring, menyirami tanaman yang ada di di halaman, dan lain sebagainya. Berikan contoh yang baik agar mereka mampu memenuhi tugas kecil tersebut.

Tegas Terhadap Konsekuensi

Apabila si kecil melanggar peraturan atau melakukan kesalahan maka biarkan mereka menerima konsekuensi dari kesalahan tersebut. Memang sulit bagi orang tua untuk melihat si kecil bersedih. Namun dengan konsekuensi yang didapatkan tersebut maka mereka bisa mengubah sikap menjadi lebih baik.

Itulah berbagai pola asuh anak yang dapat membantu si kecil tumbuh disiplin. Selain berbagai stimulasi tersebut, sebagai orang tua Bunda juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Makanan dan susu pertumbuhan merupakan sumber pemenuhan gizi dan nutrisi bagi anak. 

Berikan makanan sehat seperti sayur, buah, dan lain sebagainya. Sedangkan susu yang bisa diberikan yaitu Dancow Growing Up Milk atau rangkaian susu pertumbuhan dari Dancow. Lebih lengkapnya mengenai produk-produk yang ada di rangkaian susu pertumbuhan Dancow bisa anda lihat di website dancow.co.id.