Nutrisi Untuk Menambah Berat Badan Pada Anak

0
653

Untuk mengetahui apakah anak mendapatkan nutrisi yang cukup, maka ibu harus memperhatikan tinggi dan berat badan anak. Berdasarkan angka kecukupan gizi di indonesia, rata-rata berat badan ideal anak usia 1 sampai 3 tahun yaitu 12 kg dan tinggi badan mencapai 90 cm.

Namun banyak anak yang mengalami berat badan dibawah rata-rata dan susah untuk menaikannya, salah satu penyebabnya adalah asupan nutris makanan yang tidak tercukupi. Kebutuhuhan gizi untuk anak usia 1-3 tahun adalah energi sebanyak 1000 kkal, protein sebanyak 25 gram, kalsium 500 mg dan zat besi 8 mg. Sedangkan kebutuhan nutrisinya adalah karbohidrat seperti nasi dan roti, protein seperti telur dan ikan, vitamin dan mineral seperti buah-buahan, dan juga lemak.

berat badan ideal anakSelain itu ibu juga harus memperhatikan jumlah porsi yang harus disediakan perharinya yaitu nasi lunak sebanyak 16 sendok makan. Lauk hewani seperti ayam atau sebanyak 2-3 porsi ukuran sedang atau bisa juga ikan sebesar kotak korek api yang telah dicincang cincang.

Lauk nabati seperti tempe atau tahu sebesar korek api sebanyak 1 porsi. Sayur sebanyak 2 porsi atau 2 mangkuk kecil. Buah seperti  jeruk berukuran sedang, kemudian 4 gelas susu yang mana 1 gelas berisi 150 ml susu dan juga margarin atau minyak 1 sendok makan.

Dengan memenuhi porsi di atas setiap harinya bukan tak mungkin berat badan ideal anak akan terpenuhi.

Selain itu, ada beberapa tips dalam memberikan makanan pada anak. Untuk anak balita maka pilihlah makanan yang sesuai dengan gigi geligi yang baru tumbuh dan belum lengkap juga disesuaikan dengan pencernaannya seperti sayur yang sudah matang yang telah dipotong kecil-kecil, daging atau ayam yang empuk dan telah dicincang-cincang, dan juga buah yang telah matang dan juga manis.

Porsi makanan untuk anak yatitu sepertiga makanan orang dewasa. Ajak anak untuk makan bersama dan berilah kesempatan kepada anak untuk memilih makanannya sendiri dan yang terpenting janganlah memaksakan kehendak apabila ia tidak ingin makan lebih baik ibu cari cara lain supaya anak mau makan.

Itulah beberapa nutrisi dan juga tips supaya berat badan ideal anak terpenuhi, selain itu buatlah makan menjadi kegiatan yang paling menyenangkan untuk sikecil supaya dia lebih semangat untuk menyantap makanannya. Semoga bermanfaat!