Menpora Gagas Persatuan Suporter Sepakbola Indonesia

0
414

Pemerintahan baru Indonesia di bawah pimpinan presiden terpilih Ir. Joko Widodo telah menetapkan para Mentri yang akan membantunya selama 5 tahun masa pemerintahannya. Kabinet yang diusuung oleh Jokowi ini bernama kabinet kerja dan dihuni oleh orang-orang baru yang merupakan orang-orang terpilih dan memiliki skill serta pengalaman dalam bidangnya masing-masing. Begitu pun dengan mentri pemuda dan olahraga Imam Nahrawi. Menpora baru tersebut langsung sigap dalam memulai pekerjaannya sebagai Menpora. Salah satu diantaranya ada memperbaiki prestasi olahraga nasional dalam berbagai bidang termasuk sepakbola.

Menpora telah lama memperhatikan bagaimana caranya untuk memajukan persepakbolaan di tanah air ini. Ia memulai dengan membenahi sarana dan prasarana. Kemudian pelatihan bagi generasi yang berbakat dan juga memperbaiki masalah suporter sepakbola yang selama ini permasalahan tersebut tak kunjung usai. Para pembaca siaran bola hari ini sudah hafal betul tentang beberapa suporter sepakbola fanatik di Indonesia yang selalu membuat masalah dan berbuntut pada kematian dan dendam antar suporter.

Menpora berencana akan menggelar kongres antar suporter di seluruh wilayah Indonesia untuk bersatu memajukan persepakbolaan Indonesia. kehadiran suporter tentunya dapat emnambah semangat para pemain untuk tampil habis-habisan. Motivasi serta dukungan terhadap klub yang menjadi favoritnya selalu didahulukan. Akan tetapi sifat fanatik tersebut tak selamanya berbuah manis. Banyak masalah yang bermunculan seperti berkelahi, saling serang, merusak sarana umum dan lain sebagainya karena kekecewaan dari kekalahan yang dialami timnya.

Suporter di Indonesia memiliki management yang cukup baik, akan tetapi pemikirannya belum dewasa dan belum bisa menerima kekalahan. Padahal hal tersebut sudah biasa dalam setiap pertandingan. Suporter sepakbola Indonesia harus banyak belajar dari negeri Eropa yang begitu disiplin dalam menonto sepakbola sehingga memiliki kesan positif serta aman bagi semua orang.

Semoga gagasan dari Menpora kali ini dapat diterima oleh semua pihak dan menjadikan seluruh suporter sepakbola di Indonesia bersatu memajukan serta menjaga keamanan sepakbola tanah air. Jika masalah ini dapat dituntaskan, maka tidak menutup kemungkinan persepakbolaan tanah air bisa maju dan berprestasi di Dunia.