Mengenal Penyakit Tulang Belakang

0
1101
Mengenal Penyakit Tulang Belakang
Mengenal Penyakit Tulang Belakang

Skoliosis adalah kelainan pada tubuh berupa kelengkungan tulang belakang, yang terjadi pembengkokan tulang belakang menuju arah samping ke kiri ataupun kanan, atautulang yang berbentuk huruf S.Banyak fakta menarik dan penting tentang penyakit tersebut yang belum banyak diketahui oleh orang awam. Maka dari itu artikel ini akan menjelaskan tentang penyakit tersebut.

Para penderita kelainan tulang belakang memiliki bagian tubuh dengan tinggi berbeda antara kanan dan kiri. Misalnya adalah :

  • Alis antara mata kanan dan kiri tidak sama tinggi,
  • Lekuk bibir pada bagian kanan dan kiri tidak sama,
  • Telapak kaki yang kanan dan kiri tidak sama panjang sehingga jika beli sepatu terasa sempit pada bagian salah satunya,
  • Posisi wajah yang cenderung satu sisi,
  • Telinga tidak sama tinggi.

Fakta penting tentang penyakit tersebut adalah tingkat masih ringan, memang seakan-akan tidak menyebabkan masalah, tapi para penderita tidak boleh menganggap enteng pada penyakit ini. Jika dibiarkan lebih lama maka berdampak pada organ lainnya, terutama bagian dalam, seperti paru-paru dan jantung. Tulang rusuk menekan paru-paru dan jantung , sehingga penderita akan sering merasakan sesak nafasdan cepat lelah. Jantung mengalami kesulitan memompa darah. Skoliosis yang parah, dengan kebengkokan >90 derajat, berpotensi terjepitnya syaraf di sepanjang ruas tulang belakang sehingga menyebabkan kelumpuhan pada penderita. Sayang, hanya sebagian orang yang tahu penyakit ini bisa berpengaruh pada organ jantung, bahkan sumsum tulang belakang.