Mengenal 5 Potongan Berlian Pada Gelang Berlian Terjangkau

0
61
gelang berlian terjangkau
gelang berlian terjangkau

Aspek 4C seperti carat, color, clarity, dan cut tidak bisa dilihat langsung oleh mata orang awam. Dibutuhkan alat khusus untuk bisa mengetahui kualitas 4C tersebut. Namun berbeda dengan aspek 4C, bentuk potongan berlian bisa dilihat secara langsung. Meskipun pengaruh terhadap kualitas berlian tidak setinggi aspek 4C, namun Anda tetap harus mengenal bentuk potongan berlian pada gelang berlian terjangkau.

Mungkin ada sebagian dari Anda yang belum mengetahui perbedaan antara bentuk berlian dan cut atau potongan pada aspek 4C. Bentuk potongan berlian sendiri adalah bentuk berlian yang disematkan pada gelang. Sedangkan cut dari aspek 4C adalah seberapa baik berlian dipotong, mulai dari presisi dan simetrinya. 

Berlian dengan bentuk potongan yang sama belum tentu memiliki kualitas cutting yang sama karena proses pemotongannya bisa saja kurang presisi. Berikut ini adalah 5 potongan berlian paling populer yang biasanya disematkan pada gelang berlian:

Bundar atau Round Shape

Bentuk potongan berlian paling populer adalah bundar atau juga dikenal dengan sebutan round shape diamond. Setidaknya ada 70% berlian yang terjual berbentuk round shape. Tidak heran jika akhirnya berlian selain round shape dikenal dengan istilah fancy shape diamond karena sebagian besar berlian di dunia berbentuk bundar.

Round shape diamond sendiri awalnya dikenal dengan nama old European cut atau potongan Eropa kuno. Alasan mengapa round shape diamond populer yaitu karena potongannya proporsional dan simetris sehingga kilauannya sempurna. 

gelang berlian terjangkau
gelang berlian terjangkau

Persegi atau Princess Shape

Selain berlian bundar, gelang berlian terjangkau juga sering menggunakan berlian persegi atau princess shape diamond. Bentuk potongan berlian satu ini adalah yang terpopuler kedua setelah round shape diamond. Ciri khasnya yang persegi atau kotak membuat berlian memiliki pantulan cahaya di sudut dan tengah. Jika dilihat sekilas, princess shape diamond juga terlihat lebih besar karena bentuknya tersebut.

Pear Shape

Pear shape diamond merupakan bentuk potongan berlian seperti buah pir. Ada juga yang menyebut berlian ini seperti air mata atau teardrop karena bagian atasnya runcing dan bawahnya membulat. Gelang dengan pear shape diamond harus menggunakan setting yang tepat untuk melindungi berlian. Pasalnya bagian ujung yang runcing mudah patah apabila tidak dilindungi dengan baik oleh rangka gelang.

Oval Shape

Oval shape diamond atau berlian berbentuk oval merupakan bentuk potongan klasik namun ada sentuhan modern yang menarik. Bentuk potongan berlian ini diperkenalkan pada sekitar tahun 1950-an. Meskipun sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Oval shape diamond menjadi alternatif pilihan dari berlian bundar. Pasalnya berlian ini juga memiliki tingkat kecemerlangan yang indah, mirip dengan berlian bundar.

Marquise Cut

Bentuk potongan berlian terpopuler terakhir yang perlu Anda kenali sebelum membeli gelang adalah marquise cut. Bukan dari bentuk berlian, nama marquise sendiri didapatkan dari nama Marquise de Pompadour yaitu kekasih Raja Louis XV dari Prancis yang berjaya pada tahun 1710-1774. Ciri khas marquise cut yaitu kedua ujung lancip dan bagian tengah menggembung. Menurut cerita, bentuknya tersebut terinspirasi dari senyuman Marquise de Pompadour.

Itulah 5 potongan berlian yang biasa disematkan pada gelang berlian terjangkau. Rekomendasi gelang terjangkau dengan desain menawan adalah gelang dari koleksi Jovial milik Mondial Jeweler. Gelang berkonsep open bangle ini menggunakan warna rose gold yang sangat indah. Selain gelang Jovial, ada juga gelang terjangkau dari Dreams Collection, Jubilee, dan lain sebagainya. Detail informasi mengenai koleksi gelang terjangkau Mondial Jeweler bisa Anda dapatkan di website www.mondialjeweler.com