Membuat Balita Menjadi Generasi Alpha yang Berkualitas

0
73
generasi alpha
generasi alpha

Generasi alpha  merupakan generasi yang tidak bisa dipisahkan dari perkembangan teknologi. Semua orang tua harus konsen terhadap perkembaangan buah hatinya dan cara mereka menggunakan teknologi sehingga mereka tidak akan kecanduan terhadap berbagai macam alat canggih tersebut.

Memiliki seorang anak merupakan sebuah kebanggaan yang tidak bisa kita ungkapkan terlebih lagi apabila buah hati kita mampu tumbuh menjadi seorang anak yang cerdas dan sehat. Perkembangan dan pertumbuhan seorang anak tidak bisa dilepaskan dari perkembangan zaman saat ini. Pada saat ini di mana teknologi mendominasi dalam berbagai macam aktivitas dan kegiatan kita sehari-hari, semua orang dan kita pada khususnya harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang ada termasuk buah hati kita. Buah hati kita yang lahir di masa teknologi merajai dan mendominasi sering di sebut dengan generasi alpha.

Generasi alpha adalah generasi di mana seorang anak sudah biasa hidup berdampingan dengan sebuh teknologi. Kita sebagai orang tua harus mampu mendampingi buah hati kita agar mampu menjadi salah satu bagian dari generasi alpha yang cerdas dan tidak terbawa arus oleh perkembangan zaman dan teknologi.

Kekhawatiran orang tua ketika buah hati kita lebih akrab dengan sebuah teknologi adalah mereka akan lebih menyukai menghabiskan waktu dengan menggunakan berbagai macam perangkat gadget dan teknologi yang sering digunakan. Sehingga waktu-waktu mereka akan terbuang sia-sia dengan hanya memainkan gadget tersebut.

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh semua orang tua agar buah hati mereka menjadi salah satu generasi alpha yang tidak terbawa oleh arus perkembangan zaman dan teknologi. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Jangan mengenalkan gadget di saat buah hati kita berusia balita. Meskipun hal tersebut kadang membuat buah hati kita terlihat menjadi lucu dan menggemaskan akan tetapi tanpa di sadari kita akan membentuk kebiasaan mereka untuk menggunakan gadget. Pada dasarnya seorang anak khususnya anak balita akan menyukai segala macam hal mulai dari visualnya. Sehingga ketika buah hati kita dikenalkan dengan gadget mereka akan mudah menyukai benda tersebut.
  2. Apabila terlanjur menyukai gadget, kita harus memberikan jadwal kapan mereka bisa memainkan atau menggunakan gagdet. Dengan memberikan waktu tertentu bagi mereka menggunakan gadget maka mereka akan terhindar dari kecanduan terhadap teknologi.

Tinggalkan Balasan