Kenapa Berlian Asli Diamond Store Mahal? Berikut Alasannya

0
45
Diamond Store
Diamond Store

Dari namanya saja, berlian asli dan yang palsu bisa langsung kita bedakan secara cepat dan mudah. Rata-rata produk imitasi atau KW harganya jauh berbeda, dan yang asli selalu lebih mahal. Itu merupakan sedikit penjelasan terkait kenapa harga berlian asli mahal di diamond store yang ada di seluruh dunia, khususnya di Indonesia.

Untuk mengupas secara tuntas alasan-alasannya, kami akan coba menjelaskannya di sini. Kami akan bagikan informasi terkait kenapa berlian di diamond store yang asli lebih mahal dibandingkan dengan produk imitasi maupun berlian yang kualitasnya rendah.

Perbandingan Keaslian

Pertama-tama, kami akan coba menjelaskan kepada Anda perbedaan dari aspek keasliannya. Seperti yang kami jelaskan, produk yang imitasi atau palsu akan selalu lebih murah dibandingkan dengan produk yang asli. Perbedaan harganya bahkan bisa sangat signifikan sekali.

Kenapa berlian asli lebih mahal? Pasalnya berlian asli memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh berlian imitasi. Adapun kelebihannya yaitu seperti:

  • Mampu memantulkan cahaya sehingga membuat berlian menjadi lebih berkilau dibandingkan berlian imitasi yang umumnya kusam.
  • Memiliki nilai investasi dan nilai jual yang tidak jatuh.
  • Terlihat indah dan menawan, terutama untuk model fancy diamond yang punya warna-warna menawan.
  • Bentuk yang terlihat indah karena punya banyak model.
  • Terbentuk secara alami melalui proses jutaan tahun yang menjadikan berlian sebagai batu mulia yang indah dan kuat.
  • Tidak rusak dan berubah warna saat dibakar.

Perbandingan Kualitas

Secara sederhana, tingkatan berlian ada tiga jenis, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Semakin tinggi kualitasnya, maka harganya pun akan semakin mahal. Dari alasan inilah sedikitnya Anda tahu bahwa berlian asli juga ada yang harganya murah dan ada yang super mahal.

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk menilai kualitas berlian. Yang paling sering yaitu rumus 4C atau kepanjangan dari clarity, carat, color dan cutting. 4C adalah salah satu rumus yang digunakan untuk membandingkan kualitasnya.

Bahkan ada juga sertifikat yang membuktikan dan menjamin kualitas berlian itu bagus, yaitu sertifikat standar 4C dari GIA. Di sisi lain, ada juga yang kualitasnya lebih tinggi yaitu sertifikat triple excellent cut yang melampaui standar 4C.

Diamond jewellery yang menyediakan perhiasan dengan triple cut excellent, maka harganya tentu akan lebih mahal jika dibandingkan dengan berlian yang kualitasnya rendah.

Di sisi lain, berlian yang kualitasnya rendah umumnya punya cacat jika kita lihat dengan menggunakan kaca pembesar khusus. Selain cacat, warnanya juga lebih kusam dan tidak menonjol.

Meski begitu, berlian asli tetap berlian asli hanya saja kualitasnya ada yang rendah. Berlian kualitas rendah, tetap lebih mahal dibandingkan dengan berlian imitasi.

 Diamond Store
Diamond Store

Mengenal Istilah 4C pada Berlian

Seperti yang sudah kami jelaskan, 4C adalah standar berlian yang berkualitas dari diamond jewellery. Berikut adalah penjelasan tentang 4C yang mudah dipahami.

  1. Clarity

Tingkat kejernihan menjadi penilaian bagus atau berkualitasnya suatu berlian. Clarity ditentukan oleh kaca pembesar untuk melihat apakah berlian tersebut ada yang cacat atau tidak. Jika minim cacat, maka tingkat kejernihannya bagus.

  1. Color

Berlian yang berwarna jernih atau putih adalah berlian yang memiliki standar bagus.  Berlian kusam kualitasnya rendah dan berlian berwarna atau fancy diamond kualitasnya tinggi.

  1.     Carat

Karat pada berlian menunjukkan beratnya. 1 carat berlian artinya 0,2 gram. Semakin besar kadarnya semakin besar juga bentuknya.

  1. Cutting

Proses pemotongan akan menentukan model berlian. Contohnya seperti model berlian berbentuk hati, oval, dan masih banyak lainnya.

Itulah yang menjadi alasan kenapa berlian asli dan berkualitas di diamond store mahal. Bagi kamu yang ingin memiliki berlian premium, bisa mendapatkannya di Mondial.