Inilah Sederet Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan Kuliah Sambil Kerja

0
76
kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa merupakan hal menantang karena Anda harus belajar banyak hal termasuk dalam mengatur keuangan Anda, terutama jika Anda berasal dari luar kota dan tinggal di kos. Untuk mengatasi masalah keuangan yang pas-pasan Anda bisa mencoba untuk kuliah sambil kerja. Selain membuat Anda lebih mandiri, hal ini juga akan menjadi kebanggaan tersendiri karena tidak banyak bergantung kepada orang tua.

Macam-Macam Pekerjaan Sampingan

Beberapa pekerjaan di bawah ini merupakan pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa karena mempunyai waktu yang lebih fleksibel.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Tutor

Jika Anda mempunyai kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik atau mata pelajaran lainnya maka Anda bisa mencoba untuk menjadi tutor. Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan lembaga bimbingan belajar sebagai tenaga kerja paruh waktu.

Jika Anda ingin lebih fleksibel dan tidak banyak peraturan yang mengikat maka Anda bisa mencari murid sendiri. Buatlah promosi atas jasa yang Anda tawarkan, atau Anda juga bisa membuat brosur kemudian disebar di sekolah-sekolah. Penghasilan menjadi seorang tutor cukup lumayan untuk menambah uang jajan Anda.

Penulis Lepas

Menjadi seorang penulis lepas merupakan pekerjaan yang banyak dilakukan oleh para mahasiswa. Menulis artikel tentu bukanlah hal sulit bagi para mahasiswa karena sudah terbiasa menyusun kata dalam mengerjakan tugas perkuliahan. Hal menarik lainnya menjadi penulis lepas yaitu Anda dapat mengerjakannya dimana pun sehingga Anda dapat memanfaatkan sela-sela waktu luang menunggu jadwal kuliah selanjutnya.

Penerjemah

Meskipun Anda bukan mahasiswa sastra asing namun mempunyai kemampuan bahasa asing yang baik maka Anda dapat mempertimbangkan pekerjaan ini. Pekerjaan ini cukup menjanjikan di lingkungan kampus karena Anda bisa menawarkan jasa penerjemah jurnal ilmia, buku dan hasil penelitian.

Anda dapat menawarkan jasa Anda melalui teman-teman Anda, dosen atau juga menggunakan media sosial. Pekerjaan sampingan sangat menjanjikan karena biaya menerjemahkan cukup mahal yaitu sekitar Rp. 200.000 per halaman.

Content Creator

Pekerjaan ini bisa dibilang kekinian karena mengikuti perkembangan media sosial. Untuk memulai pekerjaan ini Anda tidak memerlukan biaya yang banyak namun cukup dengan memanfaatkan media sosial yang Anda punya.

Jika media sosial Anda menarik perhatian banyak orang maka Anda pun bisa mendapatkan keuntungan seperti kerja sama untuk mempromosikan produk orang lain. Jika dikelola dengan baik maka Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Driver Online

Kebutuhan masyarakat akan transportasi cukup tinggi sehingga Anda pun bisa memanfaatkan hal ini. Anda bisa memanfaatkan mobil atau motor yang Anda pun untuk bergabung menjadi driver online. Pekerjaan ini sangat fleksibel karena tidak ada batasan waktu sehingga tidak akan mengganggu perkuliahan Anda.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Terbaik

Cerdas dalam memilih jurusan kuliah akan membantu mendapatkan pekerjaan lebih mudah. Jurusan teknik informatika merupakan rekomendasi terbaik karena ada banyak macam profesi yang bisa Anda pilih.

IDS Digital College merupakan kampus informatika terbaik yang menawarkan 3 peminatan dengan gelar s1 atau strata 1. Peminatan tersebut diantaranya Software Development, Mobile Apps & Games Development dan Cyber Security. Ketiga jurusan ini banyak diminati karena banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

Kuliah di IDS Digital College akan sedikit berbeda karena Anda akan dibekali dengan pendekatan real world project dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan bekal tersebut, Anda akan lebih siap dalam bersaing menghadapi tantangan bisnis, perkembangan teknologi dan meniti jenjang karir. Inilah yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya.