Hindari Hal Berikut Ini Sebelum Mengajukan KPR

0
281

Apakah Anda sedang tertarik untuk mengikuti KPR untuk mendapatkan rumah idaman? Ya, di tengah era milenial ini, solusi yang paling memungkinkan untuk memiliki rumah adalah dengan Kredit Pemilkian Rumah ini. Namun faktanya tidak semua orang berani untuk mengajukan sistem mekanisme pembayaran dari KPR ini. Besaran jumlah modal yang diarasa berat dan juga pembayaran bunga yang cukup tinggi membuat ciut sebagian orang untuk mewujudkan mimpinya dalam memiliki rumah idaman.

Padahal dengan aturan baru yang bisa di mulai dengan DP 20 persen dari total harga rumah, seharusnya masyarakat milenial ini sudah bisa lebih mudah untuk mendapatkan rumah yang diinginkan. Apalagi dengan adanya bank-bank yang banyak bekerja sama dengan para pengembang perumahan dalam bentuk KPR, hal ini tentu bisa mempermudah masyarakat milenial dalam memiliki hunian pribadi.

KPR di zaman sekarang sudah banyak sekali menawarkan berbagai keringanan, seperti rendahnya dp, cicilan dengan bunga rendah, serta jangka waktu yang bisa disesuaikan agar jumlah pengeluaran tidak terlalu begitu besar. Kendati demikian selalu saja ada orang yang melakukan kesalahan dalam pengajuan KPR nya untuk pertama kali, dan sebisa mungkin Anda harus menghindari berbagai kesalahan yang sering terjadi dalam pengajuan KPR. Dan untuk menghindari terjadinya kesalahan ini, Anda harus melakukan berbagai hal seperti berikut.

  • Pilih tenor yang sesuai kemampuan
    Pilih waktu pinjaman yang paling realistis dengan keadaan uang yang Anda milki. Jika kemampuan finansial Anda hanya cukup untuk membayar cicilan selama 20 tahun, maka jangan memaksakan untuk mengambil cicilan yang 10 tahun. Sejatinya segala sesuatu yang dipaksakan tentu akan berdampak kurang baik kedepannya.
  • Buat pengajuan pinjaman yang sesuai kemampuan
    Memang sah-sah saja untuk mengajukan jumlah pinjaman yang besar meskipun pihak bank sendiri nantinya akan memperhitungkan rasio kredit yang bisa akan diambil oleh para nasabahnya. Kendati demikian dengan jumlah pinjaman yang besar, tentu malah akan besar juga jumlah cicilan yang akan Anda bayarkan. Hal ini ditakutkan akan menggangu kemampuan finansial Anda di masa depan. Untuk itu sesuaikan saja besar jumlah pinjaman dengan biaya kebutuhan lain di masa yang akan datang.

Selain harus menghindari kesalahan diatas, pemilihan KPR pun harus tepat dilakukan agar bisa berjalan mulus nantinya. Dan adalah dengan mengikuti KPR yang tepat seperti dari Bank Danamon adalah solusi yang tepat untuk Anda. Karena bank ini menawarkan berbagai keuntungan seperti suku bunga yang rendah, besaran jumlah bunga yang bisa diatur sendiri, bebas bertransaksi dengan semua layanan Bank Danamon, banyak rewardnya dan lain sebagainya.