Cuci Karpet,Cara Menghilangkan 4 Penyebab Alergi Di Karpet

0
276
Cuci Karpet,Cara Menghilangkan 4 Penyebab Alergi Di Karpet
Cuci Karpet,Cara Menghilangkan 4 Penyebab Alergi Di Karpet

Apakah Anda sering bersin-bersin atau batuk-batuk saat duduk di karpet atau di area tempat karpet berada? Jika iya, maka kemungkinan besar alergi Anda terpicu karena kotoran yang ada pada karpet tersebut. Sebenarnya, hal seperti ini tidaklah mengherankan. Karpet adalah dekorasi rumah yang bagus dan membuat nyaman, tapi jika tidak dibersihkan dengan seksama menggunakan proses cuci karpet yang benar, maka karpet akan menjadi tempat bersarang sumber alergi.

Orang-orang yang memiliki penyakit asma maupun pernapasan sering dinasehati untuk tidak dekat-dekat dengan karpet atau bahkan tidak memasang karpet di dalam rumah. Ini adalah hal yang masuk akal, lantaran serat-serat kain bisa dengan mudah menampung berbagi macam penyebab alergi. Ketika Anda duduk atau beraktivitas di atasnya, maka segala macam kotoran dan debu yang ada di dalamnya akan melompat ke udara dan mengganggu pernapasan.

Inilah sebabnya proses pencucian karpet sangat penting. Semua itu demi menghindari penyebab-penyebab alergi pada karpet yang sering ada, seperti:

  1. Tungau

Hewan mikroskopik ini yang membuat Anda sering merasa gatal-gatal. Selain itu, kotoran yang dihasilkan hewan ini adalah allergen atau sumber alergi yang sangat kuat, dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan debu.

  1. Bulu hewan

Binatang peliharaan Anda seperti anjing dan kucing juga ikut menjadi allergen. Mulai dari bulu yang berjatuhan, kutu, bekas air liur, dan juga urine yang dihasilkan bisa terjebak di karpet.

  1. Lumut

Kalau Anda memiliki atap yang bocor dan mengenai karpet, udara rumah yang lembab, dan sering tidak membersihkan tumpahan minuman segera, maka lumut akan muncul. Spora dari lumut akan tersebar di udara.

  1. Debu

Tentu saja, debu juga berperan sangat besar terhadap alergi. Banyak orang yang mengalami alergi debu yang terjebak di dalam karpet.

Melakukan pembersihan karpet dengan menggunakan penyedot debu tidak selalu efektif. Anda memerlukan proses cuci karpet yang jauh lebih detail dan kompleks, seperti dengan melakukan steam cleaning. Dengan cara inilah, baru penyebab alergi di atas bisa dibersihkan dengan lebih menyeluruh.