Cegah Sunting Demi Masa Depan Ananda

0
33



Anak sehat dan cerdas menjadi dambaan setiap orang tua. Tumbuh kembang anak ditentukan sejak 1000 hari pertama usianya. Sejak dimulainya konsepsi (pertemuan sel telur dan sperma). Perkembangan otak anak menjadi proses penentu tumbuh kembang selanjutnya. Kekurangan nutrisi pada masa ini akan berdampak sampai dewasa.

Stunting terjadi karena banyak hal. Minimnya pengetahuan, kesadarannya akan pentingnya 1000 hari pertama pertumbuhan anak, dan sosial ekonomi yang lemah. Keterlambatan tumbuh kembang pada masa ini bisa dicegah dengan cara-cara sederhana, seperti:

1. Gizi Ibu Hamil

Otak mengalami pertumbuhan pesat di dalam kandungan. Asupan gizi yang cukup menjamin perkembangan otak anak maksimal. Kontrol kehamilan harus dilakukan dengan teratur. Keluarga harus mendukung ibu hamil dengan segala permasalahan dalam kehamilannya.

2. Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

Air susu ibu yang pertama keluar mengandung kolostrum, yang didalamnya banyak terdapat antibodi. Proses ini dilakukan dalam satu jam segera setelah bayi lahir. Bayi diletakkan di dada atau perut ibu, secara alami ia akan mencari sumber air susu ibu dan menyusu. Ini proses penting untuk kecerdasan dan daya tahan tubuh anak selanjutnya.

3. ASI Eksklusif

Pemberian ASI sebagai sumber makanan sampai bayi berumur enam bulan, membantu meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuhnya.

4. Vaksinasi

Vaksinasi merupakan usaha meningkatkan daya tahan tubuh secara buatan. Tubuhnya dikenakan dengan bibit penyakit yang telah dilemahkan. Tubuh akan membuat sel memori, jika kemudian hari bibit penyakit menyerang, tubuh sudah dapat mengenal dan menghancurkannya.

5. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI)

Bayi berumur enam bulan keatas harus mulai dikenalkan dengan makanan rumah. Membiasakan bayi dengan makanan rumah tangga, agar asupan gizinya cukup. Berikan menu makanan sehat seimbang.

6. Kebersihan Lingkungan

Lingkungan bersih membuat penduduknya sehat tidak gampang tertular penyakit. Anak sehat akan tumbuh kembang dengan sempurna.

Langkah-langkah sederhana ini bisa kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan otak anak. Cegah stunting untuk menciptakan generasi tangguh di masa depan.